Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Hamster yang Suka Menggigit

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun mereka sering dianggap sebagai hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak dan biasanya suka diemong, teman yang penuh kasih sayang, namun dalam beberapa kesempatan, hamster suka menggigit.

Namun, jarang hamster yang benar-benar agresif, dan mereka biasanya hanya menggigit saat ketakutan.

Gigi kecil itu mungkin tidak menimbulkanNamun, jarang hamster yang benar-benar agresif, dan mereka biasanya hanya menggigit saat ketakutan.

Gigi kecil itu mungkin tidak menimbulkan luka yang parah, tapi cukup menyakitkan. Untungnya, Anda bisa melatih hamster secara bertahap untuk tidak kebiasaan menggigit.

Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (28/11/2021) berikut ini cara mengatasi hamster yang suka menggigit. 

Mengapa hamster suka menggigit?

Hamster jinak adalah hamster yang sudah terbiasa dengan manusia dan tidak mudah takut. Di sisi lain, hamster yang jarang berinteraksi dengan manusia sering menggigit sebagai bentuk pertahanan karena ketakutan.

Saat Anda berurusan dengan hamster ini, hal terpenting yang harus diingat adalah mereka menggigit karena takut, bukan karena agresif.

Kunci untuk menangani hamster yang suka menggigit ialah sabar. Anda perlu mendapatkan kepercayaan dari hamster Anda, dan ini adalah proses yang lambat dan bertahap.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan diri Anda pada hamster baru yang mungkin sedikit pemalu.

Jangan berkecil hati jika butuh waktu sebulan atau bahkan lebih lama untuk mendapatkan kepercayaan hamster Anda.

Dan jika hamster Anda tenang dan merespons lebih cepat dari yang diharapkan, maka kebiasaan menggigit hamster bisa segera dihentikan.

Jika hamster Anda masih ketakutan, kembali ke langkah sebelumnya dan luangkan sedikit waktu untuk mendapatkan kembali kepercayaannya.

Seiring waktu, hamster Anda akan belajar melihat Anda sebagai sumber makanan dan tidak takut pada Anda. Ini akan memakan waktu cukup lama, tetapi itu tidak akan sia-sia.

Minggu 1: Biarkan hamster membiasakan diri dengan kehadiran Anda

Di malam hari saat ia paling aktif, luangkan waktu untuk duduk di dekat kandang dan berbicara dengan hamster Anda.

Anda dapat membaca atau bahkan menyanyikannya jika Anda tidak tahu harus berkata apa. Idenya adalah membiarkan hamster menyesuaikan diri dengan kehadiran Anda, terutama aroma dan suara Anda.

Minggu 2: Sentuhan

Sambil terus duduk di dekat kandang dan berbicara dengan hamster, masukkan tangan Anda ke dalam kandang. Bergerak sangat lambat.

Hari pertama, letakkan tangan Anda tepat di dalam pintu atau di atas kandang. Setiap hari setelah itu, coba letakkan tangan Anda sedikit lebih jauh.

Jangan mencoba menyentuh hamster Anda, tetapi jika ia penasaran, biarkan ia mengendus atau menjelajahi tangan Anda.

Minggu 3: Berikan camilan

Saat ini, Anda mungkin telah menemukan beberapa camilan favorit hamster. Jika belum, cobalah biji bunga matahari, kismis, dan apel.

Meskipun Anda hanya boleh memberi makan hewan peliharaan Anda camilan ini dalam jumlah sedang, itu bisa menjadi alat pelatihan yang bagus.

Tawarkan hamster Anda barang-barang ini dari tangan kosong yang Anda masukkan ke dalam kandangnya.

Akhirnya, ia mungkin akan datang untuk makan, yang akan membantu Anda mendapatkan kepercayaannya.

Minggu 4: Memegang

Setelah hamster menerima camilan dengan nyaman, Anda bisa mulai mengelusnya dengan lembut.

Jika ia mentolerir ini, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengangkat hamster Anda. Jika tidak, teruslah dengan sabar menawarkan suguhan dan petting.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/28/211000876/cara-mengatasi-hamster-yang-suka-menggigit-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke