Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Kucing Tenang saat Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com--Bukan rahasia lagi bahwa kucing tidak suka air. Meskipun mereka membersihkan diri dengan lidah mereka, kucing tetap membutuhkan kebersihan ekstra, jadi kita perlu membantu mereka.

Mengingat ketakutan mereka yang besar terhadap air, apa yang dapat kita lakukan agar kucing bisa tenang saat dimandikan? 

Berikut adalah tips agar kucing bisa mandi dengan tenang dan tidak memberontak seperti dilansir dari My Animals, Sabtu (20/11/2021).

1. Cari dan pilih waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk memandikan kucing adalah saat mereka santai dan mengantuk. Jika mereka terlalu waspada dan mereka merasa bahwa kamu akan membawanya ke air, kemungkinan besar mereka akan mulai berlari dan bersembunyi dan kamu tidak akan pernah bisa menangkapnya.

2. Mempersiapkan kucing

Kamu tidak bisa menunggu kucing menjadi tenang di dalam air seperti halnya anjing. Tetapi hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengambil tindakan pencegahan.

Misalnya, dengan memotong cakar mereka, dan menutup pintu kamar mandi sehingga mereka tidak bisa melarikan diri. Memotong cakar mereka akan menghindari perilaku mencakar jika mereka sedang gugup atau cemas karena air.

3. Mandikan dengan air hangat

Bukan ide yang baik untuk membawa mereka ke bak mandi atau bilik pancuran dan meletakkannya di bawah keran.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah berisi air hangat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan cara ini semuanya akan lebih cepat dan, tentu saja, lebih menyenangkan bagi hewan.

4. Jangan biarkan ia merasa terjebak


 

Jika kucing memiliki sedikit ruang untuk berjalan, ia mungkin lebih nyaman meskipun masih basah. Berjalan di sekitar bak mandi akan membuat hewan peliharaan merasa rileks dan membiarkannya berdamai dengan pengalaman buruknya.

5. Jangan merendamnya di air

Saat kamu telah mengisi wadah dengan air agar tidak memandikan kucing di bawah keran, jangan benar-benar memasukkan kucing ke dalam wadah.

Agar kucing menikmati waktu mandntai, yang terbaik adalah menuangkan air ke bagian atas tubuhnya sampai benar-benar basah dengan menggunakan gayung, sedikit demi sedikit.

Pastikan kamu tidak membasahi hidung atau mata mereka karena ini akan sangat mengganggu mereka dan membuat kucing ingin melarikan diri.

Lanjutkan dengan cara yang sama untuk membilas sisa sampo pada bulu. Saat satu tangan mencuci dengan sampo, gunakan gayung untuk menambahkan air dengan tangan lainnya.

Yang terpenting, berhati-hatilah agar sabun tidak masuk ke mata, hidung, atau mulut mereka.

6. Pengeringan

Kucing sangat tidak nyaman dengan pengering. Sebagai gantinya ambil handuk dan dengan sentuhan lembut, manjakan mereka dan bicaralah dengan penuh kasih untuk bersantai dan menenangkan mereka. Setelah itu, sikat kucing saat bulunya kering.

Jika kucing berperilaku baik, dia layak mendapatkan hadiah. Jadi, beri dia hadiah yang dia suka dan elus dia sambil mengatakan hal-hal manis padanya.

Jika hewan peliharaan menghubungkan mandi mereka dengan makanan favorit atau dengan cinta ekstra, mereka mungkin akan selalu menikmati waktu saat mandi.

Tidak ada gunanya memaksa mereka mandi dengan berteriak atau memarahi. Hewan peliharaan harus merasa dicintai dan didukung. Lagi pula, siapa yang suka dipaksa melakukan sesuatu yang tidak ingin mereka lakukan?

Ingatlah bahwa kucing tidak suka air, dan mereka mungkin berpikir bahwa kamu tidak menyukainya karena kamu memasukkannya ke dalam air.

 Jadi, ingatlah untuk menyadari hal ini dan luangkan waktu untuk membelai dan bermain dengan kucing setelah mandi. Dia harus tahu bahwa cintamu padanya sama seperti biasanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/20/165724976/tips-agar-kucing-tenang-saat-mandi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke