Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fakta Tentang Membersihkan Jaring Laba-laba yang Harus Diketahui

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaring laba-laba banyak ditemukkan di beberapa area rumah, seperti sudut ruangan atau plafon rumah.

Terkadang, jaring laba-laba ini sulit dikendalikan, ketika mereka dibersihkan,  tak lama jaring tersebut akan muncul kembali.

Melansir dari Apartment Therapy, Kamis (28/10/2021) untuk mempelajari lebih lanjut tentang seluk beluk berurusan dengan jaring laba-laba di rumah, Rod Crawford, seorang ahli araknologi di Museum Burke Washington University, AS menjelaskan cara mengatasinya, seperti berikut ini. 

Berbagai jenis jaring laba-laba

Berbagai jenis laba-laba membuat berbagai jenis jaring, dan masing-masing jenis memiliki nuansa tersendiri.

Tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin memiliki berbagai jenis laba-laba rumah yang membuat berbagai jenis jaring.

Misalnya, Crawford mengatakan jaring laba-laba adalah jenis yang tampaknya memiliki kumpulan utas acak yang bergerak ke segala arah.

Jaring corong adalah lembaran sutra padat, ini terlihat seperti sepotong kain tipis yang sedikit kotor dengan terowongan di salah satu sudut tempat laba-laba bersembunyi.

Jaring lembaran terlihat mirip dengan jaring corong, tetapi laba-laba menggantung di bagian bawah, bukan di sudut. Jenis-jenis ini mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu untuk terbentuk sampai laba-laba menyelesaikannya.

Itulah mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan untuk menghancurkannya, jika Anda melakukannya, laba-laba akan tetap tinggal di rumah Anda dan mereka akan membuat jaring baru.

Memindahkan laba-laba akan mendorong mereka untuk membuat jaring di tempat lain

Pada akhirnya, laba-laba memilih lokasi jaring mereka berdasarkan di mana mereka bisa mendapatkan makanan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

"Tetapi jika laba-laba itu sendiri dipindahkan, mereka mungkin akan mencoba membuat jaring baru," kata Crawford.

Laba-laba yang membuat sarang corong, atau lembaran harus hidup di dalam untuk bertahan hidup, tetapi laba-laba yang membuat jaring bola (kompleks jenis geometris) sebenarnya bukan laba-laba rumah, mereka mungkin masuk ke rumah Anda secara tidak sengaja. Mereka bisa pergi ke luar rumah sendiri. 

Jika jaringnya berdebu, laba-laba sudah lama hilang

Perhatikan baik-baik jaring sebelum mengambil tindakan apa pun untuk menghancurkannya.

“Jika jaringnya berdebu, laba-laba tidak dapat menggunakannya, dan mereka sudah meninggalkan jaringnya,” tutur Crawford.

"Jika jaring terlihat rapi dan bersih dengan sedikit atau tanpa debu di permukaan, maka laba-laba akan datang kembali ke jaring tersebut," imbuhnya. 

Akan selalu ada

Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, perlu diingat bahwa tidak ada cara untuk menghilangkan laba-laba dari tempat Anda sama sekali.

Kecuali, Anda tinggal di apartemen jauh di atas tanah, Anda harus terbiasa dengan laba-laba yang bersembunyi di tempat yang Anda lihat dan tempat yang tidak bisa Anda lihat.

"Banyak laba-laba hidup di ruang seperti di dinding atau lantai atau ruang merangkak," terang Crawford.

Hal yang bisa dilakukan adalah membersihkan tiap kali laba-laba belum menyelesaikan jaringnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/28/120200276/4-fakta-tentang-membersihkan-jaring-laba-laba-yang-harus-diketahui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke