Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Area dan Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

Ditambah, baking soda merupakan bahan pembersih yang murah dan mudah ditemukan sehingga membuatnya banyak digunakan di setiap rumah.

Melansir dari Real Estate, Rabu (27/10/2021), berikut sejumlah benda dan area di rumah yang bisa dibersihkan dengan baking soda.   

Caranya, masukkan secangkir baking soda ke mangkuk, kemudian tambahkan air ke mangkuk, dan aduk rata sampai membentuk pasta. Sekarang, pasta baking soda siap digunakan. 

Membersihkan oven

Oleskan pasta baking soda ke semua area oven, biarkan pasta mengering, lalu bersihkan dengan spons atau lap.

Membersihkan wastafel

Oleskan sebagian pasta baking soda ke kain mikrofiber atau spons dan gosok wastafel. Kemudian, bersihkan dengan air bersih. Dengan sedikit baking soda, wastafel akan bersinar seperti baru. 

Membersihkan kulkas

Keluarkan semua isi kulkas dan bersihkan dengan lap basah yang mengandung sedikit pasta baking soda. Setelah selesai, masukkan semangkuk baking soda kering ke kulkas selama beberapa hari untuk menghilangkan bau. 

Membersihkan kompor

Percikan minyak dan noda masakan dapat membuat kompor kotor dan penuh minyak. Untuk membersihkannya, gunakan pasta baking soda. Oleskan pasta ke semua noda yang ada di kompor dan diamkan selama 10 menit. 

Setelah itu, gunakan lap untuk menghilangkan pasta baking soda dan noda membandel secara menyeluruh. 

Membersihkan mesin pencuci piring

Taburkan sedikit baking soda ke dalam mesin pencuci piring dan tambahkan sedikit cuka. Jalankan mesin pencuci piring dengan siklus sedang. Ini tidak hanya menghilangkan noda, tapi juga bau tak sedap. 

Membersihkan nat keramik 

Oleskan pasta baking ke spons kasar dan oleskan ke seluruh nat keramik kamar mandi. Biarkan selama 10 menit, lalu gosok agar nat terlihat bersih kembali.

Membersihkan bathtub

Oleskan pasta baking soda ke sekitar bathtub atau bak mandi, lalu gosok secara menyeluruh dengan sikat, dan siram dengan air. Bak mandi akan terlihat seperti baru dalam waktu singkat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/27/190000476/8-area-dan-benda-yang-bisa-dibersihkan-dengan-baking-soda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke