Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menggunakan Minyak Nimba Pada Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pestisida untuk tanaman hias dapat sangat berbahaya karena penelitian menunjukkan bahwa paparan pestisida dapat menyebabkan limfoma, leukemia, otak, payudara, ginjal, paru-paru, ovarium, pankreas, prostat, dan kanker perut.

Jadi, apa alternatif terbaik? Melansir dari Balcony Garden Web, Rabu (27/10/2021) pilihan terbaik adalah menggunakan minyak nimba. 

Menurut penelitian ini, tubuh serangga menyerap senyawa nimba seolah-olah mereka adalah hormon asli, dan ini akan menghalangi sistem endokrin mereka.

Penyimpangan perilaku dan fisiologis yang mendalam  akan membuat serangga begitu bingung di otak dan tubuh mereka sehingga mereka gagal bereproduksi dan populasi mereka menurun.

Menghalangi larva agar tidak berganti kulit adalah manfaat minyak nimba  yang dapat mencegah hama berkembang biak lebih jauh. Minyak nimba tidak membahayakan tanaman dengan cara apa pun bila digunakan dalam jumlah yang ditentukan.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam penggunaan minyak nimba untuk membasmi hama pada tanaman hias. 

1. Semprotkan pada daun untuk mencegah hama

Buat larutan 10ml minyak nimba dalam 500 ml air dan semprotkan pada dedaunan untuk menghilangkan embun tepung.

Anda dapat menggunakannya untuk tanaman hias apa pun yang menderita penyakit. Pastikan untuk mengocok botol dengan baik sebelum digunakan Anda dapat menggunakannya pada tanaman hias seperti Begonia, Poinsettia, Jade, Rosemary, Pothos, Kalanchoe, dan violet Afrika.


2. Membantu menghilangkan kutu daun

Anda dapat dengan aman menyingkirkan kutu daun dengan menggunakan minyak nimba. Campurkan satu sendok teh minyak nimba organik dengan empat sendok teh sabun cair ringan dalam satu liter air.

Isi larutan dalam botol semprot, kocok dengan baik, dan gunakan pada area tanaman yang terkena. Anda dapat menggunakannya untuk tanaman sirih gading, philodendron, atau tanaman hias lainnya yang mengalami masalah ini.

3. Membasmi kutu putih

Minyak nimba dapat mengendalikan serangan kutu kebul, minyak ini juga memiliki efek residu yang mengusir dan mencegahnya datang lagi.

Ambil setengah sendok teh minyak nimba, campur dengan satu sendok teh sabun cair dan campur dalam satu liter air.

Campurkan semua bahan menjadi satu dan isi larutan dalam botol semprot, gunakan langsung pada dedaunan tanaman Anda dan pada kutu putih. Selalu lakukan tes kecil dengan mengoleskan larutan pada satu atau dua daun sebelum menggunakannya pada seluruh tanaman.

4. Gunakan minyak nimba untuk membasmi thrips 

Anda dapat membasmi thrips dengan menyemprotkan larutan setengah sendok teh minyak nimba, satu sendok teh sabun cair, dicampur dalam satu liter air. Campuran ini akan membunuh serangga.

5. Obati penyakit tanaman hias indoor

Minyak nimba adalah insektisida yang sangat baik untuk tanaman hias dan cukup membantu dalam mengobati sisik pada tanaman indoor.

Ambil setengah sendok teh minyak nimba, campur dengan satu sendok teh sabun cair dan campur dalam satu liter air. Isi dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang terkena.

6. Mencegah kutu putih

Minyak nimba akan memakan waktu beberapa hari untuk mengobati kutu putih sebelum membunuh mereka, meskipun memiliki efek sisa yang bekerja untuk mencegah infestasi di masa depan juga.

Ambil setengah sendok teh minyak nimba, campur dengan satu sendok teh sabun cair dan campur dalam satu liter air. Semprotkan larutan tersebut pada tanaman.


7. Mengusir agas jamur 

Campurkan setengah sendok teh minyak nimba dengan satu sendok teh sabun cair, dan campurkan dalam satu liter air. Tuangkan larutan ini ke dalam panci untuk menyingkirkan agas jamur. Sebelum mengulangi prosesnya, sirami tanaman dengan baik.

8. Hilangkan tungau laba-laba

Minyak nimba cukup membantu dalam mencegah infestasi tungau laba-laba meskipun membutuhkan waktu.

Untuk hasil terbaik, bersihkan daun dengan kain lembap sebelum menggunakan obat minyak nimba. Gunakan satu sendok teh sabun cair ringan, setengah sendok teh minyak nimba, dan satu liter air hangat.

Campur isinya bersama-sama dan isi larutan dalam botol semprot dan gunakan pada area tanaman yang terkena.

9. Membuat daun berkilau

Campurkan setengah sendok teh minyak nimba dengan satu sendok teh sabun cair, dan campurkan dalam satu liter air dan gosokkan larutan ini pada daun menggunakan kain lembut untuk mengembalikan kilaunya. Namun, sebelum menggunakannya, selalu lakukan uji tempel kecil pada daun.

10. Pengusir nyamuk

Tanaman dalam ruangan bertindak sebagai tempat yang sempurna untuk tempat bersarang nyamuk. Semprotkan minyak nimba di sekitar tanaman untuk mengusir nyamuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/27/132500676/10-cara-menggunakan-minyak-nimba-pada-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke