Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Nuansa Warna Abu-abu

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur warna abu-abu melonjak popularitasnya beberapa waktu terakhir. Namun, untuk mewujudkan kamar tidur yang nyaman dan teduh, Anda perlu memilih warna abu-abu yang sesuai.

Dari abu-abu gelap hingga abu-abu pastel muda, ada banyak cara menciptakan kamar tidur yang nyaman dengan warna netral yang klasik nan mewah ini.

"Ini (warna abu-abu) adalah salah satu ide warna kamar tidur yang paling sulit untuk dilakukan dengan benar saat mendekorasi rumah Anda," kata Kate Watson-Smyth, penulis Shades of Grey, seperti dikutip dari Homes & Gardens, Senin (25/10/2021).

Menurut Watson-Smyth, untuk menemukan warna abu-abu yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan ke arah mana ruangan menghadap, jam berapa Anda akan berada di sana, serta cuaca yang berlaku.

"Dan yang terakhir, warna sebenarnya yang Anda suka," tuturnya.

Berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur dengan nuansa warna abu-abu yang menciptakan kesan nyaman dan teduh.

1. Pilih warna abu-abu sangat muda, hingga mendekati putih

“Tidak ada yang lebih baik daripada memilih warna netral untuk menciptakan suasana tenang di kamar tidur,” ungkap Kathryn Lloyd, konsultan warna di Crown.

Jika Anda mencari alternatif untuk ide kamar tidur putih, nuansa abu-abu yang sangat pucat bertindak sebagai alternatif yang lebih lembut dari kecenderungan warna putih yang lebih mencolok.

Anda bisa memilih warna abu-abu yang sangat dekat dengan putih yang digunakan untuk dinding, sementara warna yang lebih gelap digunakan untuk sandaran kepala untuk menciptakan kedalaman yang lembut.


2. Tabrak pola

Jika Anda kesulitan menentukan warna kamar tidur terbaik, maka abu-abu adalah kanvas kosong yang sempurna untuk menciptakan skema artistik yang benar-benar unik dan berani.

Anda bisa memilih motif geometris grafis di karpet abu-abu dan putih, dengan pilihan furnitur sederhana untuk memungkinkan eksperimen dengan pola lain.

Seprai dan gorden menampilkan cetakan kontras termasuk motif bunga dan garis-garis bertinta, sedangkan pola berbintik pada wallpaper mengingatkan pada cetakan binatang atau bintik-bintik cat air. Dalam setiap pola, warna abu-abu hangat digunakan untuk mengikat semuanya.

3. Warna abu-abu gelap yang elegan

Abu-abu yang lebih dalam adalah pilihan yang apik bagi mereka yang ingin mempelajari ide kamar tidur yang gelap. Dinding abu-abu tua yang berbatasan dengan warna hitam adalah pilihan tren untuk kamar tidur.

Warna ini pun terlihat bagus saat dipasangkan dengan langit-langit putih bersih, yang juga mencegahnya terasa terlalu tertutup.

Warna abu-abu tua sempurna untuk mendinginkan ruangan yang terlalu terang dan menghadap ke selatan.

4. Gunakan warna lain sebagai aksen

Memilih dinding abu-abu tidak berarti Anda harus berkomitmen pada skema netral.

"Ketika menggunakan abu-abu dalam dekorasi, saya sarankan Anda mengikat warna lain, untuk mencegah ruangan terasa tenang dan kusam," sebut Natasha Bradley, pakar interior rumah di Lick.

"Bila digunakan dengan benar dengan sembulan dan aksen warna, abu-abu benar-benar menjadi hidup dan memancarkan warna alami elegan yang menakjubkan," imbuh dia.

Adapun Lloyd menjelaskan, abu-abu pucat dapat mengimbangi nada oranye dan kuning mustard yang paling cerah dan paling cerah, untuk menambah keseimbangan yang menenangkan. 

"Warna ini juga menyatu dengan pirus dan ungu yang lembut dan berair, serta kaca dan logam, untuk menciptakan tampilan yang lembut, alami, dan kabur," tutur Lloyd.

5. Monokrom

Jika Anda terpikat dengan skema warna monokrom, pertimbangkan untuk menambahkan nuansa abu-abu sebagai titik tengah. Abu-abu gelap memberikan latar belakang yang canggih untuk skema ini, yang secara artistik menyeimbangkan ide kamar tidur putih dan hitam.

Seprai putih bersih, cat langit-langit, dan pemasangan karya seni memberikan salah satu tujuan akhir, sementara garis-garis hitam di karpet dan lampu pas memberikan nuansa paling gelap.

Abu-abu digunakan dalam nada yang berbeda di seluruh untuk melembutkan area peralihan.

6. Aksen warna abu-abu dalam cat

Cat abu-abu tidak perlu digunakan untuk pelapisan dinding. Sama seperti warna putih, pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai cat aksen.

"Untuk menawarkan sentuhan indah ke ruangan mana pun, saya sarankan memilih abu-abu sebagai alternatif putih, saat mendekorasi kayu," saran Bradley.

"Pastikan Anda mencocokkan nada dasar dengan warna di dinding Anda, untuk menambahkan keanggunan, karakter, dan drama ke ruangan," ucapnya.

7. Abu-abu yang hangat

Buat ruangan terasa mengundang dengan ide kamar tidur abu-abu hangat yang berpadu sempurna dengan warna netral lainnya untuk tampilan berlapis yang nyaman.

Warna kuning dapat memberi warna abu-abu yang lebih dalam ini rona kehijauan, sementara sentuhan merah dapat membuatnya terlihat cokelat di beberapa cahaya.

Gunakan warna abu-abu yang lebih hangat di dekorasi dinding untuk kamar tidur jika Anda ingin menciptakan suasana yang nyaman, cocok untuk ruangan yang menghadap ke utara yang membutuhkan ketenangan.

Padukan dengan ide kamar tidur hijau yang halus dan tambahkan aksen hitam, khaki, atau zaitun ke warna hijau untuk menciptakan daya tarik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/25/100710176/7-ide-dekorasi-kamar-tidur-dengan-nuansa-warna-abu-abu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke