Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Tanaman Pembawa Hoki yang Cocok Diletakkan di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadikan ruangan semakin teduh dan indah saja, namun meletakkan tanaman di area rumah seperti dapur dapat memberikan energi positif yang baik.

Melansir dari Balcony Garden Web, Minggu (24/10/2021), prinsip-prinsip kuno Feng shui mengatakan dapur adalah jantung rumah. Ini mewakili kemakmuran, makanan, dan kesehatan.

Berikut beberapa tanaman pembawa keberuntungan yang cocok diletakkan di dapur menurut feng shui. 

1. Sirih gading

Sirih gading menarik keberuntungan, kekayaan, kemakmuran, dan energi positif. Daun berbentuk hati ini akan terlihat indah di ambang jendela dapur dengan tanaman merambat.

Anda bisa menanamnya di air dan tanah. Posisi terbaik untuk tanaman ini di area dengan cahaya redup seperti atas kulkas. 

2  Lucky bamboo atau bambu hoki

Tanaman ini bertindak sebagai pembersih udara alami dan mewakili lima elemen feng shui. Tanaman ini juga merupakan tanda keberuntungan dan kemakmuran.

Selain itu, daun dan batang tanaman yang hijau subur menambah tampilan dapur yang menarik. Anda bisa menanamnya di air tanpa harus mengotori tanah.

Posisi terbaik untuk meletakkan lucky bamboo di sudut tenggara untuk keberuntungan finansial.

3. Kemangi

Selain dianggap bisa mendatangkan keberuntungan, menanamnya di dapur akan memberi Anda persediaan daun segar sepanjang tahun.

Letakkan kemangi di ambang jendela dapur cerah yang mendapat banyak sinar matahari dan kehangatan.

Dipercaya bahwa ramuan ini membawa keberuntungan dan menghilangkan kejahatan. Sudut utara atau timur laut dapur merupakan posisi terbaik untuk keberuntungan dan kesehatan. 

4. Daun semanggi berdaun empat

Tanaman keberuntungan yang terkenal ini bisa ditanam di dapur. Daun pertama melambangkan iman, daun kedua harapan, daun ketiga melambangkan cinta, dan keempat keberuntungan.

Posisi terbaik untuk meletakkan tanaman ini di setiap sudut dapur Anda. 

5. Sage

Sage dikenal untuk perlindungan dan juga menunjukkan umur panjang, kebijaksanaan, dan keabadian. Hal ini terhubung untuk menganugerahkan pemenuhan keinginan juga.

Tanaman ini banyak digunakan untuk membuat dupa dan dipercaya dapat menghilangkan energi jahat. Letakkan tanaman ini di depan pintu dapur untuk melawan energi negatif.

6. Lavender 

Anda bisa menanam lavender di ambang jendela dapur yang cerah. Tanaman herbal aromatik ini membawa getaran positif dan mengurangi kecemasan.

Minyak lavender digunakan untuk meredakan ruam dan nyeri otot.

7. Kaktus 

Menurut suku Aztec dalam budaya Mesoamerika Meksiko menganggap kaktus berbunga sangat beruntung. Ini melambangkan kepositifan, membawa kabar baik bagi pemiliknya dan juga sangat mudah dirawat.

Posisi terbaik untuk meletakkanya di dekat kompor atau tempat yang sering dilakukan aktivitas di dalamnya. 

8. Lidah buaya 

Lidah buaya dicintai karena banyak manfaat dan digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Menjadi pembersih udara, ia menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen sehingga memiliki manfaat kesehatan yang melimpah.

9. Spearmint atau mint

Dipercaya bahwa tanaman ini membawa kekayaan, kemakmuran, dan keberuntungan. Spearmint dikenal untuk mengurangi stres dan menangkal energi negatif.

Letakkan tanaman ini di sudut tenggara dapur untuk energi positif.

10. Chamomile

Menurut feng shui, bunga chamomile melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Teh chamomile mempertahankan energi positif dalam tubuh yang menghilangkan stres dan kecemasan.

Letakkan mereka di  tenggara untuk kesehatan yang baik.

11. Thyme

Thyme melambangkan keberanian dan kekuatan. Hal ini diyakini untuk mendorong keberuntungan karir sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri.


Posisi sterbaik diletakkan di Tenggara untuk mempromosikan kekayaan. Tempatkan di Utara untuk karir yang baik.

12. Lemon

Pohon lemon menarik uang dan kemakmuran. Dipercaya dapat mengantarkan kekayaan dan keberuntungan bagi anggota keluarga dan juga mencerahkan dapur Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/24/133800376/12-tanaman-pembawa-hoki-yang-cocok-diletakkan-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke