Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Bergaya Rustic, Hangat dan Sederhana

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior rumah bergaya rustic kini sedang banyak digemari. Tren dekorasi ini memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan kreativitas.

Dilansir dari Homes & Gardens, Minggu (24/10/2021), untuk mewujudkan dekorasi rumah bergaya rustic, ada beberapa aspek dasar yang harus diperhatikan. Skema warna netral akan menginspirasi dan menambah kedalaman dekorasi.

Penting untuk mempertimbangkan tekstur, baik melalui pola, seperti bouclé atau kain linen, atau dengan mencampurkan hasil akhir, seperti dinding matte dengan cat gloss di langit-langit. Elemen-elemen ini menciptakan daya tarik yang centik.

Untuk mendekorasi ruang keluarga bergaya rustic, furnitur dan perabotan harus memiliki nuansa yang santai dan hidup. Anda bisa mengunakan furnitur kayu, anyaman, linen putih, dan bahan-bahan daur ulang.

Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan detail alami guna menambahkan elemen rustic, mulai dari kerikil dan potongan kayu apung hingga kulit kerang dan sentuhan tanaman hijau. 

Berikut sejumlah ide untuk menerapkan desain interior rustic untuk ruang keluarga agar terasa hangat dan nyaman.

1. Mulai dengan kanvas kosong

Jika Anda berpikir ide ruang keluarga putih hanya diperuntukkan bagi desain interior ultra-modern, pikirkan lagi. Skema dekorasi yang didominasi warna putih adalah kanvas kosong yang ideal untuk ruang keluarga bergaya rustic.

Hindari ruang putih agar tidak terlihat terlalu klinis atau steril dengan mendekorasi dengan warna netral.


Salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat mendekorasi dengan palet warna putih adalah menghadirkan tekstur sebanyak mungkin karena menciptakan daya tarik dan lapisan.

"Tekstur dapat menentukan bagaimana tampilan dan nuansa ruangan pedesaan modern, jadi berinvestasilah dalam banyak bahan alami di samping kayu alami, linen, wol, dan elemen tanaman hijau," kata Lauren Meichtry, pendiri Elsie Home.

2. Pilih tekstur maksimal

Tekstur dalam desain interior sangat penting jika Anda ingin menciptakan ruang keluarga rustic yang juga kontemporer namun nyaman.

Sederhananya, tanpa tekstur, ruang keluarga Anda akan biasa-biasa saja.

Sangat penting untuk melihat ruangan secara keseluruhan dan menyatukan area dengan bahan campuran untuk semangat dan kehangatan.

Jangan otomatis berasumsi bahwa kurangnya warna akan membuat ruangan terasa dingin.

Warna putih, dipadukan dengan banyak tekstur dan kain alami serta permukaan kayu, dapat langsung terlihat menarik, seperti pada ide ruang tamu pedesaan modern di atas. Adapun tempat duduk ruang keluarga yang gelap akan membuat ruangan terasa nyaman dan tidak sempit.

3. Ciptakan tempat yang nyaman untuk beristirahat

Ide ruang keluarga yang nyaman banyak dipilih oleh pemilik rumah saat ini. Sebab, Anda mempertimbangkan bahwa ruang yang paling sering digunakan di rumah adalah ruang keluarga.

Perabotan rustic harus praktis dan nyaman, terutama di ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Oleh karena itu, fleksibilitas sangat penting.


"Perabotan rustic, eklektik, dan aksesori terkenal tidak hanya membuat rumah Anda lebih ramah, tetapi juga cara yang bagus untuk mengekspresikan kepribadian Anda," jelas Sam Baldry, kepala desain di Swoon.

4. Gunakan karpet

Jika Anda hanya dapat menambahkan satu benda ke skema ruang keluarga bergaya rustic, karpet adalah pilihan yang cerdas.

Salah satu cara termudah untuk menambahkan daya tarik, kehangatan, dan tekstur ke ruang keluarga bertema rustic adalah dengan memperkenalkan karpet yang serbaguna.

Karpet menawarkan cara terbaik untuk melunakkan suasana yang tampak kaku, dan dapat dilapisi ke lantai untuk menentukan zona dalam tata letak ruang keluarga.

Dalam hal gaya, karpet dapat menambahkan seluruh lapisan karakter ke ruangan mana pun.

"Pikirkan karpet Anda sebagai karya seni untuk lantai," ungkap Linny Moss, direktur kreatif Knots Rugs.

"Jika Anda berjiwa tradisionalis, pilihlah karpet dengan pola dan skema warna yang sederhana namun tak lekang oleh waktu yang akan berkembang seiring dengan ruang Anda," imbuhnya.

5. Padukan gaya rustic modern dengan elemen yang santai dan cozy

Dekorasi ruang keluarga rustic harus fungsional dan menenangkan. Oleh karena itu, tekstur dalam desain interior adalah kuncinya, dan sering digunakan untuk efek yang luar biasa ketika merencanakan ruang tamu nyaman yang penuh dengan fitur rustic modern.


"Tekstur membantu menjaga ruang agar tidak terasa datar atau satu dimensi, menjadikannya optimal untuk skema rumah pertanian dan ruang keluarga rustic," sebutTiffany Leigh dari Tiffany Leigh Design.

6. Bawa unsur alam

Anda bisa membawa nuansa keindahan liburan di pantai dengan mengundang alam ke ruang keluarga rustic. Gaya rustic bisa menjadi lebih banyak desain daripada yang Anda bayangkan.

Lupakan gagasan perabot lapuk untuk pandangan kontemporer tentang estetika ruang keluarga rustic.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/24/072000776/6-ide-dekorasi-ruang-keluarga-bergaya-rustic-hangat-dan-sederhana-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke