Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Merenovasi Kamar Mandi? Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan

Pasalnya, jika tidak dipersiapkan, Anda harus mengulang kembali mendesain kamar mandi, Tentu saja, hal ini tidak hanya menguras keuangan, tetapi juga akan mengambil sebagian besar waktu berharga dan membuat stres.

Demi menghindari hal itu, berikut ini empat hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi kamar mandi dilansir dari American Home Shield, Sabtu (23/10/2021).  

Jangan lupa merencanakan area sekitar pintu

Saat merenovasi kamar mandi, lebih mudah dan lebih murah untuk meninggalkan pipa ledeng di tempatnya serta memasang perlengkapan baru di tempat yang sama.

Jika akan memindahkan perlengkapan atau memasang lebih banyak lemari, jangan lupa bahwa Anda perlu meninggalkan ruang untuk membuka dan menutup pintu kamar mandi sepenuhnya. Anda tidak ingin memblokir pintu dan berakhir dengan privasi yang lebih sedikit.  

Untuk itu, jangan lupa merencanakan renovasi di area sekitar pintu kamar mandi. 

Ketika merenovasi kamar mandi, Anda tidak bisa memasukkan semua perlengkapan dan furnitur ke dalam, terutama jika memiliki ruang terbatas di dalam ruangan. Itu berarti Anda harus melewatkan untuk tidak menggunakan wastafel ganda dan bathtub.

Merenovasi kamar mandi berarti bermanuver dan bekerja dengan perlengkapan besar serta berat di ruang sempit. Ukur kamar mandi dua kali untuk memperoleh ukuran yang tepat sehingga dapat membeli perlengkapan yang sesuai.

Rencanakan kamar mandi baru sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang waktu berjam-jam untuk mencoba memasukkan meja rias ke sudut yang terlalu kecil untuk meletakkan.  

Ingat siapa yang menggunakan kamar mandi

Apakah kamar mandi akan banyak digunakan oleh anak-anak atau sebagai kamar mandi utama? Saat merenovasi kamar mandi, pertimbangkan anggota keluarga yang paling banyak menggunakannya.

Misalnya, memasang bathtub atau bak mandi dengan pegangan untuk manula dan penyandang disabilitas untuk membantu memudahkan mereka menggunakannya. 

Untuk anak-anak, lakukan brainstorming elemen struktural dan desain yang menarik serta ramah bagi mereka. 

Ketahui permasalahan di kamar mandi

Melepaskan bak mandi atau shower lama dan menggantinya dengan yang baru tidak semudah melakukannya. 

Ada sedikit lebih dari sekadar mencabut yang lama dan memasukkan yang baru. Anda harus memastikan sambungan air panas dan dingin bebas kebocoran dan berfungsi baik. 

Selain itu, memastikan lantai shower atau bak mandi miring ke arah saluran pembuangan. Dengan begitu, kamar mandi tidak akan mengalami kebocoran, genangan air, waterproofing yang salah, atau masalah lain yang bisa menjadi masalah besar pada kemudian hari.

Ingat, kamar mandi adalah area yang basah, jadi perombakan kamar mandi yang gagal dapat membuat rumah Anda rentan terhadap kerusakan air. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/23/210000776/ingin-merenovasi-kamar-mandi-ini-4-hal-yang-perlu-diperhatikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke