Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Merawat Bunga Episcia agar Tumbuh Rimbun dan Sehat

Bunga dari famili Gesneriaceae ini merupakan tanaman hias menggantung yang sangat menyukai berada di tempat teduh. Jika berencana merawat bunga episcia, ada beberapa cara perawatan untuk membuat tanaman rimbun dan subur.

Dikutip dari kanal YouTube Mama Celin, Kamis (21/10/2021), berikut tips merawat bunga episcia agar tumbuh rimbun dan sehat. 

Lakukan penyiraman secukupnya

Untuk bunga episcia yang lebat, lakukan penyiraman secukupnya setiap dua hari sekali. Namun, untuk bunga episcia yang masih kecil atau masih anakan, lakukan penyiraman secukupnya setiap tiga hari sekali.

Tak berbeda jauh pada tanaman hias umumnya, penyiraman yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat bunga episcia busuk. 

Pengaplikasian pupuk NPK 16-16-16 ke bunga episcia dilakukan dengan cara dikocor alias melarutkan pupuk dan menyiramkannya ke tanaman.

Masukkan satu sendok makan pupuk NPK 16-16-16 ke delapan liter air, lalu aduk hingga pupuk larut dengan air. 

Larutan pupuk NPK 16-16-16 bisa langsung disiram ke masing-masing media tanam bunga episcia. Saat menyiramkan larutan pupuk NPK 16-16-16, usahakan tidak mengenai daun tanaman.

Biasanya, delapan liter larutan pupuk NPK 16-16-16 bisa untuk menyiram 18 pot bunga episcia, jadi kamu perlu menyesuaikannya.  

Perhatikan media tanam

Dikutip dari kanal YouTube Ras Family, bunga episcia memerlukan media tanam yang bersifat lembap karena tanaman hias ini menyukai kondisi lembap.

Kamu bisa mencampurkan tanah dan lumut gambut untuk dijadikan sebagai media tanam bunga episcia. 

Beri sinar matahari yang cukup

Episcia membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, tetapi paparan jangka panjang dari sinar matahari langsung memiliki efek negatif.

Letakkan bunga episcia pada tempat yang mendapatkan cahaya terang, tapi tidak secara langsung.

Bila bunga episcia tidak mekar, bisa jadi tanaman kurang mendapat cukup cahaya. Kamu dapat meletakkan bunga episcia di sekitar dekat jendela yang cukup terang dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/21/153200976/tips-merawat-bunga-episcia-agar-tumbuh-rimbun-dan-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke