Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Bawang Merah untuk Berbagai Kebutuhan Rumah Tangga

Selain untuk bumbu masakan, bawang merah dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. 

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (18/10/2021), berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk kebutuhan rumah tangga. 

Hapus karat dari pisau

Percaya atau tidak, enzim dalam bawang merah akan menghilangkan karat dari benda logam seperti pisau. 

Jika memiliki pisau dapur yang berkarat, masukkan ke bawang merah berukuran besar dan diamkan selama beberapa detik, lalu cabut. Ulangi proses kembali sampai karat hilang, lalu cuci pisau seperti biasa dan keringkan. 

Penghilang noda

Bawang merah bisa menghilangkan noda. Ada dua jenis noda yang dapat dihilangkan dengan jus bawang merah, yakni tinta dan noda gosong dari setrika.

Jika memiliki bawang merah yang sangat segar dan berair, kamu cukup memotongnya menjadi dua bagian dan mengoleskannya pada noda.

Jika tidak, parut bawang merah menggunakan parutan keju, lalu gosok noda dengan parutan bawang merah, dan seka dengan jus bawang merah sebanyak yang kamu bisa.

Diamkan pakaian selama delapan sampai 10 menit. Jika perlu, oleskan kembali jus bawang. Setelah noda tinta atau bekas hangus hilang, cuci pakaian seperti biasa.  

Tuang ramuan ke dalam botol semprot plastik dan gunakan untuk menyemprot tanaman yang sedang dimakan serangga atau hama.

Untuk hasil terbaik, cobalah menyemprot tanaman saat subuh sebelum matahari mulai terik. 

Menghilangkan bau

Meski menghasilkan bau yang menyengat, bawang merah bisa menetralisir bau di udara. Iris bawang merah dan letakkan di ruangan atau lemari yang bau, lalu buang beberapa jam kemudian.

Bawang merah sangat baik dalam menyerap bau cat pada ruangan yang baru dicat dan menyerap bau jamur di ruang bawah tanah atau garasi. 

Membersihkan panggangan

Kamu bisa membersihkan panggangan bekas barbercue menggunakan bawang merah. Bawang merah juga membantu mengurangi asap dan meningkatkan rasa makanan pada panggangan barbercue.

Potong bawang merah menjadi dua bagian, tusuk dengan garpu, dan celupkan ke dalam air. Kemudian gunakan setengah bawang untuk menyeka rak panggangan setelah panas.

Enzim bawang merah akan memecah kotoran dan sifat antimikrobanya akan membantu mendisinfeksinya.

Untuk hasil lebih maksimal, tambahkan garam pada potongan bawang merah, lalu gosokkan ke bagian panggangan yang kotor.

Membersihkan perhiasan

Terakhir, manfaat bawang merah dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan. Caranya, gosokkan bawang merah ke permukaan perhiasan.

Selain membersihkan, bawang merah dapat menjaga kandungan logam yang ada dalam perhiasan agar tidak mudah rusak. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/18/161500976/6-manfaat-bawang-merah-untuk-berbagai-kebutuhan-rumah-tangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke