Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci memang dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, tak bisa dipungkiri, menggunakan mesin cuci berarti harus mengeluarkan banyak tagihan listrik di rumah.

Melansir dari Daily Record, Senin (18/10/2021) Deyan Dimitrov, pakar binatu dan CEO Laundryheap, membagikan tips untuk tetap bisa menghemat tagihan listrik dengan berbagai cara ini. 

1. Isi mesin cuci dengan muatan yang tepat 

Saat mencuci pakaian dengan mesin cuci, pastikan Anda mengisi mesin cuci dengan beban yang sesuai.

Mesin cuci yang terlalu penuh mungkin tidak cukup untuk mencuci cucian Anda secara menyeluruh, dan pengering yang terlalu penuh bisa memakan waktu terlalu lama untuk mengeringkan pakaian Anda.

Cara yang baik untuk memastikan bahwa mesin Anda akan bekerja seefisien mungkin adalah dengan memeriksa apakah Anda masih dapat menyentuh bagian bawah mesin cuci setelah mengisinya dengan air.

Jika Anda tidak dapat memasukkan tangan Anda ke dalam dan di antara pakaian Anda, mesinnya terlalu penuh.

Selain itu, pastikan untuk menguraikan cucian Anda sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci atau pengering.

Sebab, barang-barang yang lebih kecil dapat tersangkut atau terbungkus dalam barang-barang yang lebih besar seperti selimut atau sarung bantal, yang dapat mencegahnya dicuci atau dikeringkan dengan benar. 


2. Rawat mesin cuci

Untuk menjaga mesin cuci Anda dalam kondisi prima, yang terbaik adalah membersihkannya setiap tiga bulan. Tuangkan dua cangkir cuka putih ke dalam laci deterjen mesin Anda, dan jalankan mesin Anda pada siklus terpanasnya.

Setelah putaran pertama, tambahkan setengah cangkir soda kue langsung ke dalam mesin cuci dan jalankan siklus panas lagi.

Atau, menjalankan siklus panas dengan produk penghilang kerak kapur juga sama efektifnya. Ini dapat membantu menyingkirkan penumpukan apa pun yang dapat memengaruhi kinerja mesin Anda, agar tetap bekerja secara efisien selama mungkin.

Untuk pengering Anda, ingatlah untuk membersihkan filter seratnya secara teratur untuk efisiensi maksimum, idealnya setelah setiap siklus pencucian.

Banyak serat dan rambut dapat menumpuk hanya dari satu beban, yang dapat menghalangi mesin Anda mengeringkan barang-barang besar dan padat dengan benar.

3. Keringkan pakaian dengan udara bila memungkinkan

Mesin pengering Anda menggunakan energi paling banyak dari semua peralatan pembersih rumah tangga standar, jadi, jika memungkinkan, mengeringkan pakaian Anda di rak pengering di depan radiator akan jauh lebih hemat energi.

Sama halnya, Anda dapat memanfaatkan cuaca cerah untuk menggantung cucian Anda di luar, karena angin luar sangat bagus untuk mengeringkan pakaian.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/18/125900476/3-cara-menghemat-listrik-saat-menggunakan-mesin-cuci-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke