Salin Artikel

Panduan Lengkap Memilih Mesin Cuci yang Tepat

JAKARTA, KOMPAS.com--Mesin cuci menjadi peralatan rumah tangga yang bisa membantumu menyelesaikan cucian dengan mudah. Untuk itu, saat akan membelinya, kamu perlu memikirkan beberapa aspek.

Selain itu, banyaknya pilihan model dan merek di pasaran, terkadang membuat kita bingung menjatuhkan pilihan.

Memilih mesin cuci akan tergantung pada kemampuan untuk menganalisis beberapa faktor dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci pilihan.

Pada dasarnya, sejumlah besar mesin cuci berbeda dalam hal fitur, kapasitas dan beban dan fungsi. Ini juga memiliki fitur unik seperti pencucian cepat, program pencucian, pelindung tikus mesh, kunci anak, pencucian panas atau kontrol suhu, tampilan digital, dan sebagainya.

Faktor pembeda utama dari mesin cuci:
Jenis Loading– Ketika berbicara tentang tipe loading, kamu harus memilih antara mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci bukaan atas. Kedua hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jenis Fungsi Mesin Cuci – Mesin cuci bisa semi otomatis atau otomatis penuh, tergantung mana yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kapasitas – Ada mesin cuci kapasitas kecil dan besar. Pilihan Anda dapat bervariasi tergantung pada ukuran keluarga dan frekuensi mencuci.

Jenis mesin cuci

Dilansir dari Times of India, Sabtu (16/10/2021), tergantung pada jumlah tenaga manual dan fungsi, mesin cuci dikategorikan ke dalam dua kategori, yaitu:

1. Mesin cuci semi-otomatis

Mesin cuci semi otomatis dianggap sebagai mesin cuci tingkat pemula. Biasanya, mesin cuci semi otomatis memiliki dua tabung, satu untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan.

Untuk mencuci masukkan pakaian ke dalam bak cuci, setelah dicuci kamu harus memindahkan pakaian secara manual ke bak jemur. Secara keseluruhan, mesin cuci semi otomatis membutuhkan banyak campur tangan manusia dan pekerjaan manual.


Dibandingkan dengan jenis lainnya, mesin cuci semi-otomatis lebih ramah lingkungan dan juga harganya yang terjangkau.

2. Mesin cuci otomatis

Mesin cuci penuh dikategorikan menjadi dua, tergantung pada bentuk di mana pakaian, cucian bukaan atas atau top loading dan mesin cuci bukaan depan atau front loading.

Mesin cuci otomatis sepenuhnya membuat proses pencucian sepenuhnya otomatis dan hanya sedikit memerlukan sentuhan tangan manusia. Mesin cuci ini biasanya hanya memiliki satu tabung untuk mencuci dan mengeringkan.

Kamu hanya perlu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan menyalakan mesin, itu saja. Tidak perlu menuangkan air untuk mencuci atau membilas dan memindahkan pakaian dari bak cuci ke bak pengering.

Jika sudah selesai, kamu hanya perlu mengeluarkan pakaian dan menggantungnya sebentar untuk dijemur. 

Mesin cuci top loading

Seperti namanya, pakaian dimuat dari sisi atas karena tabungnya berada secara vertikal di dalam mesin. Ini memiliki tabung tunggal untuk mencuci dan mengeringkan, tidak perlu memindahkan pakaian di antara bak.

Mesin cuci top loading yang terpasang pada keran saluran air masuk, mesin mengontrol kapan harus mengambil atau menghentikan air untuk mempertahankan tingkat air yang dibutuhkan. Ini memiliki program pencucian yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin cuci bukaan depan, tetapi mereka mudah digunakan dan paling ekonomis.

Mesin cuci bukaan depan atau top loading

Seperti namanya, pakaian di mesin cuci seperti itu dimuat dari sisi depan karena tabungnya diletakkan secara horizontal. Mesin cuci bukaan depan merupakan mesin cuci berteknologi canggih saat ini.

Mesin cuci bukaan depan dilengkapi dengan banyak fitur canggih seperti pengatur waktu kapan harus menghidupkan dan mematikan mesin, merendam pakaian, mencuci dengan air panas, lebih dari 30 program pencucian, dan kunci khusus anak-anak.

Mesin cuci bukaan atas vs mesin cuci bukaan depan


 

Mesin cuci bukaan depan memberikan kualitas pencucian yang lebih baik, program pencucian yang juga lebih beragam, tetapi sangat mahal.

Sedangkan mesin cuci bukaan atas memberikan kualitas pencucian yang lebih baik, beberapa fitur canggih dengan harga yang masih terjangkau. 

Kapasitas mesin cuci

Kapasitas mesin cuci tergantung pada jumlah orang dalam keluarga. Kapasitas mesin cuci yang diukur dalam kilogram, berbanding lurus dengan berat pakaian yang akan kamu cuci.

Beberapa pakaian ringan tetapi membutuhkan banyak ruang seperti selimut, sedangkan beberapa pakaian lain, memang berat tetapi membutuhkan sedikit ruang seperti jeans.

Sebaiknya, isi tabung hanya sepertiganya agar pakaian dapat dengan mudah bergerak dan memberikan kualitas pencucian yang lebih baik.  

Jika kamu memiliki rumah yang penuh dengan orang dan mencuci pakaian sekali atau dua kali dalam seminggu, maka pilihlah ke mesin cuci berkapasitas besar. Sedangkan jika sering sekali sehari atau sekali dalam dua hari gunakan mesin cuci ukuran sedang.

Namun, jika kamu memilih mesin cuci n ukuran kecil, itu bukan masalah besar. Kamu bisa membagi pakaian dalam beberapa siklus pencucian. Hanya saja butuh waktu lama untuk mencuci semua pakaian.

Hal-hal yang perlu diingat sebelum membeli mesin cuci

Dalam memilih mesin cuci, sangat penting untuk memeriksa beberapa fitur yang perlu kamu pertimbangkan sebelum akhirnya memilih mesin cuci untuk digunakan di rumah, seperti:

1. Bahan tabung

terbuat dari stainless steel, porselen-enamel, atau plastik. Bak plastik bertahan lebih lama dari enamel yang dapat terkelupas dan berkarat. Namun demikian, bak stainless steel adalah yang terbaik, karena dapat menahan kecepatan putaran tinggi dan paling tahan lama.

2. Pengaturan pencucian

Beberapa mesin cuci yang tersedia dilengkapi dengan program pencucian seperti alternatif ketinggian air dan pencucian lembut untuk pakaian yang rapuh.

Dengan salah satu mesin cuci ini, kamu dapat menyesuaikan dan menyimpan pengaturan favorit, yang dapat disesuaikan melalui layar sentuh, panel sentuh, atau kontrol putar. Mesin cuci dengan pengaturan cuci yang terlalu beragam biasanya akan lebih murah.

3. Siklus putaran

Fitur ini digunakan untuk mengeringkan pakaian dan ditentukan sebagai putaran per menit. Perhatikan fakta bahwa semakin tinggi putaran per menit, semakin baik pengeringan pakaian, tergantung pada jenis pakaian yang ingin dikeringkan.

Siklus putaran untuk pakaian yang berbahan lembut adalah 300-500 rpm, sedangkan siklus putaran untuk pakaian yang lebih tebal seperti jeans adalah sekitar 1.000 rpm.

4. Kontrol suhu

Ini adalah fitur yang akan membantumu mengatur suhu air, jika mesin cuci dilengkapi dengan pemanas internal. Kontrol suhu sangat berguna karena akan membersihkan pakaian lebih baik


daripada air dingin. Ada juga sejumlah mesin dengan pengaturan uap yang juga membantu menghapus noda dan kotoran dari serat kain. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/16/153330976/panduan-lengkap-memilih-mesin-cuci-yang-tepat

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.