Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kucing Suka Menguyah Kabel? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Selain tali, barang rumah tangga berbahaya yang sering dikunyah kucing adalah kabel listrik seperti headsets, charger handphone, kabel steker, dan berbagai jenis kabel. 

Melansir dari Pet Health Network, Jumat (15/10/2021), mengunyah kabel adalah kegiatan berbahaya yang dilakukan kucing.

Hal ini harus dicegah secara aktif karena dapat menimbulkan bahaya tersedak serta kemungkinan cedera dan kematian akibat tersengat listrik.

Ditambah, dapat merusak peralatan elektronik rumah tangga dan menyebabkan kebakaran listrik. Lantas, mengapa kucing mengunyah kabel?

Salah satu alasan kucing mengunyah kabel dapat dikaitkan dengan kesehatan giginya. Jika Anda mendapati kucing peliharaan melakukan hal ini, kunjungi  dokter hewan untuk memastikan gigi kucing dalam keadaan sehat.

Selain itu,  Anda juga perlu berdiskusi dengan dokter hewan tentang diet kucing karena mengunyah benda-benda aneh bisa menjadi gejala ketidakcukupan kebutuhan makanan yang dikonsumsi kucing sehari-hari.

Faktor lain adalah masalah kebosanan. Untuk menghentikan perilaku ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Membungkus kabel

Cobalah mempertimbangkan untuk membungkus kabel dengan penutup karet yang dapat dibeli di sebagian besar toko perlengkapan listrik dan perbaikan rumah.

Menempatkan kabel di dalam pipa PVC juga merupakan pilihan. Anda juga bisa menggosoknya dengan aroma jeruk yang tidak disukai kucing.  

Cara pengganti tali atau kabel 

Jika kucing peliharaan suka mengunyah tali, temukan barang-barang pengganti di toko hewan peliharaan setempat yang mendekati sensasi tersebut seperti mainan kunyah karet.

Selain itu, cari barang-barang berbeda dari ini mainan kunyah karet sehingga kucing dapat menikmati berbagai tekstur dan suara saat mengunyah dan bermain.  

Tingkatkan permainan harian bersama kucing peliharaan

Meningkatkan waktu bermain bersama kucing peliharaan dapat membantu sahabat bulu terlelah, baik secara fisik maupun mental, sehingga tidak lagi tertarik menguyah kabel.

Cari mainan yang mengharuskan Anda terlibat dalam permainan seperti mainan jenis “tongkat pancing”. Bisa pula mainan makanan interaktif yang mengharuskan kucing berburu makanan di dalam mainan. Permainan ini dapat melibatkan pikiran dan tubuh kucing. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/15/202200876/mengapa-kucing-suka-menguyah-kabel-ini-alasan-dan-cara-mengatasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke