Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membersihkan Jendela Rumah

Ditambah, sinar matahari langsung dapat membuat pembersih yang digunakan mengering dan menguap sebelum Anda membersihkan jendela dengan benar, yang menyebabkan goresan yang sulit dihilangkan. 

Demi menghindari kesalahan dan jendela kembali kinclong, berikut ini cara tepat membersihkan jendela rumah dikutip dari Bobvila, Senin (4/10/2021). 

Bersihkan bingkai jendela terlebih dahulu

Banyak kotoran dan debu bersembunyi di rel serta bingkai jendela. Bila langsung membersihkan jendela tanpa membersihkan kotoran, dapat membuat kotoran menumpuk membentuk lumpur yang dapat menetes ke kaca saat dibersihkan.

Karena itu, sebaiknya membersihkan bingkai jendela terlebih dulu. Untuk menghilangkan kotoran atau debu, gunakan sikat gigi, lalu taburi baking soda dan cuka untuk menggosok bagian dalam rel, dan bersihkan sisa residu dengan lap basah. 

Buat pembersih sendiri

Untuk produk pembersih, Anda dapat membuat larutan pembersih sendiri menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.

Campuran ini cukup kuat untuk membersihkan kotoran pada jendela atau jendela yang sangat kotor seperti jendela dapur. Selain itu, pembersih alami ini tidak meninggalkan residu.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan cuka untuk pilihan pembersih yang efektif. 

Hindari menggunakan tisu kertas dan koran 

Dalam membersihkan jendela, tak sedikit orang menggunakan tisu kertas dan koran untuk menggosok dan mengeringkan kaca.

Padahal, hal ini hanya akan merusak dan meninggalkan serat. Sebagai gantinya, sebaiknya menggunakan kain mikrofiber untuk mengangkat atau membersihkan kotoran dan debu. Kain mikrofiber juga tidak akan meninggalkan kotoran apa pun. 

Berinvestasi pada alat pembersih yang terbuat dari karet

Cara terbaik membersihkan jendela tanpa meninggalkan goresan adalah memastikan semua air dan sabun dikeluarkan dari jendela.

Gunakan alat penyapu yang terbuat dari karet untuk menggosok kaca. Gosok dari atas ke bawah untuk mengurangi kelebihan air. 

Gunakan dua alat pembersih 

Miliki alat pembersih terpisah untuk bagian dalam dan luar jendela. Kedua sisi jendela akan kotor, terutama bagian luar karena bisa terkena serbuk sari dan kotoran burung.

Untuk itu, sebaiknya menggunakan dua alat pembersih. Misalnya, menggunakan kain mikrofiber berbeda untuk jendela bagian dalam dan luar demi menjaga jendela tetap bersih.  

Membersihkan jendela bagian atas dengan pel

Untuk jendela eksterior yang tinggi, gunakan spons pel pada tiang untuk membersihkannya dengan air sabun. Bilas jendela yang sudah dicuci dengan selang.

Selain itu, gunakan pel kering atau squeegee yang diikatkan ke tiang yang dapat disesuaikan untuk menghilangkan air dan mencegah noda air mengering di permukaan kaca.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/04/163800876/6-cara-membersihkan-jendela-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke