Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Ini 5 Manfaat Roti Tawar untuk Membersihkan Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Roti tawar merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa roti tawar dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah?

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (28/9/2021), ternyata roti tawar juga merupakan bahan pembersih yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah Anda dapat menghilangkan noda dengan roti tawar.

Berikut beberapa manfaat roti tawar untuk membersihkan rumah.

1. Membersihkan tumpahan saus

Apabila saus salad, saus tomat, atau sambal yang berminyak tumpah ke taplak meja saat Anda sedang makan, Anda dapat segera membersihkannya dengan roti tawar. Ambil selembar roti tawar untuk menyerap noda minyak.

"Sepotong roti akan dengan cepat menyerap tumpahan, seperti saus atau tetesan anggur, sebelum terlalu meresap ke dalam taplak meja Anda," kata Carolyn Forte, direktur Cleaning Lab di Good Housekeeping Institute.

Jika noda mulai membandel, seka dengan kain bersih dan air bersih sesegera mungkin. Kemudian, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih noda sebelum taplak meja dicuci.

Selain itu, mengoleskan sedikit sabun cuci piring pada noda juga dapat membantu menghilangkan noda.

2. Membersihkan penggiling kopi

Jika Anda menyukai secangkir kopi di pagi hari, Anda tahu betapa menyebalkannya membebaskan penggiling atau grinder kopi dari ampas dan residu berminyak.


"Ambil dan giling roti untuk menghilangkan minyak kopi," terang ahli perawatan rumah tangga Good Housekeeping Heloise.

3. Membersihkan noda di dinding

Jika Anda memiliki anak kecil yang kerap mengotori dinding dengan sidik jari, Heloise merekomendasikan untuk mengambil selembar roti tawar untuk menghilangkan sidik jari. Tips ini sangat berguna untuk dinding plesteran yang dicat atau wallpaper yang tidak bisa dicuci.

4. Mengambil pecahan kaca dengan aman

Jika ada gelas atau piring kaca yang jatuh dan pecah, maka Anda harus segera membersihkan pecahan kaca agar tidak membahayakan.

Seringkali setelah Anda menyapu lokasi pecahan kaca, masih ada serpihan pecahan yang sangat kecil mungkin tertinggal. Maka dari itu, gunakan selembar roti tawar untuk mengambil pecahan kaca yang sangat kecil.

Tekan-tekan roti tawar pada area pecahan kaca. Ini akan membuat pecahan kaca menempel pada permukaan roti tawar.

5. Membersihkan lukisan yang berdebu

Membersihkan lukisan yang berharga, seperti lukisan cat minyak, tidak disarankan menggunakan bahan kimia keras. Namun, selembar roti tawar dapat dengan lembut mengangkat debu kotor dan membuat lukisan itu bersih dan cerah kembali.

"Jangan menggosok terlalu keras, atau meninggalkan remah-remah di lukisan," terang Forte.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/28/083000276/ternyata-ini-5-manfaat-roti-tawar-untuk-membersihkan-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke