Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Pakaian Putih agar Tetap Bersih Seperti Baru

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada beberapa cara praktis yang dapat dilakukan agar pakaian putih terlihat cerah dan bersih.

Dan, jika warnanya agak kusam, abu-abu, atau menguning, Anda dapat mengembalikan kecerahannya dengan beberapa teknik mencuci yang sederhana.

Karena rentan terhadap perubahan warna, pakaian putih harus dicuci setiap habis dipakai dan tidak boleh dicampur dengan pakaian berwarna lebih gelap.

Pemutih klorin dapat membantu menjaga pakaian tetap bersih, tapi itu bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan.

Ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba. Melansir dari The Spurce pada Minggu (26/9/2021) berikut ini cara mencuci pakaian putih agar tetap bersih seperti baru.

Berikut ini cara mencuci pakaian berwarna putih agar terlihat lebih bersih dan cerah.

1. Pisahkan pakaian putih

Langkah pertama untuk menjaga pakaian putih tetap putih adalah dengan menyortir cucian kotor secara hati-hati. Mencuci pakaian putih secara terpisah akan mencegah kelunturan warna yang membuat pakaian putih menjadi kusam.

2. Hindari kelebihan beban

Mengisi mesin cuci sampai penuh dengan pakaian memang cara yang mudah dan praktis. Tetapi itu tidak akan memberi hasil yang maksimal.

Saat mesin cuci kelebihan beban, tidak ada cukup ruang di antara benda-benda agar air dapat membersihkan tanah, dan kotoran menumpuk pada kain, sehingga membuat kain tampak kusam.

3. Pilih detergen yang tepat

Pilih deterjen untuk pakaian putih yang mengandung pencerah optik. Deterjen ini bekerja dengan menipu mata.

Deterjen ini dapat membengkokkan gelombang cahaya ultraviolet untuk menampilkan cahaya biru sambil meminimalkan cahaya kuning yang terlihat pada pakaian, sehingga membuat kain tampak lebih putih dan bersih.

Tetapi jangan berpikir bahwa lebih banyak deterjen berarti hasilnya akan lebih baik. Deterjen berlebih dapat tertinggal di serat kain dan menarik tanah.

4. Segera hilangkan noda

Pemutih klorin dapat menghilangkan noda, tetapi dapat merusak kain jika digunakan secara berlebihan. Pemutih berbasis oksigen (seperti OxiClean, Nellie's All-Natural Oxygen Brightener, atau OXO Brite) biasanya lebih aman dan dapat diterapkan pada semua kain yang dapat dicuci, kecuali wol dan sutra.

5. Cuci dengan air hangat

Gunakan air panas atau air hangat untuk membantu menghilangkan minyak dan kotoran. Cuci dengan pengaturan normal hingga heavy-duty, tergantung pada tingkat keparahan noda atau perubahan warna.

6. Bilas dengan cuka

Selanjutnya, untuk menghilangkan residu pada pakaian putih. Sebagai gantinya, tambahkan 1 cangkir cuka putih sulingan ke siklus bilas untuk memastikan semua deterjen terlepas dari kain.

7. Cek pakaian

Cek pakaian satu per satu sebelum memasukkannya ke dalam pengering. Jika noda masih ada, hilangkan noda tersebut, dan cuci kembali.

Jangan pernah mengeringkan pakaian dengan panas tinggi terutama jika noda masih menempel karena noda akan lebih sulit dihilangkan.

8. Keringkan dengan sinar matahari

Terakhir, keringkan pakaian putih dengan sinar matahari karena dapat membuat perbedaan besar dalam kecerahannya. Sinar ultraviolet dari matahari akan membantu menyegarkan dan memutihkan.

Keringkan pakaian dengan pengering pada pengaturan panas yang lebih rendah. Keluarkan pakaian dari pengering saat agak lembab, dan keringkan di rak pengering.

Berhati-hatilah agar tidak terlalu kering, karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan noda dan pakaian menguning.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/26/080700476/cara-mencuci-pakaian-putih-agar-tetap-bersih-seperti-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke