Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Memilih Furnitur yang Aman dan Nyaman untuk Hewan Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing atau kucing, tentu kamu ingin menciptakan hunian yang nyaman dan nyaman untuk hewan peliharaanmu.

Memilih furnitur yang sesuai dengan kondisi rumah dan kebiasaan hewan peliharaan dapat membuat furnitur menjadi lebih tahan lama.

Misalnya saja kamu memiliki anjing yang bulunya sangat rontok, tentu kamu tidak ingin memilih sofa yang mudah dihinggapi debu dan bulu anjing.

Selain itu jika hewan peliharaan seringkali mencakar benda-benda di rumah, sebaiknya pilih furnitur yang anti gores dan memiliki pelapis yang mudah dibersihkan.

Melansir dari New Village Homes, Sabtu (25/9/2021), berikut tips memilih furnitur yang aman digunakan jika kamu memiliki hewan peliharaan.

1. Memilih sofa

Sofa sering kali menjadi jantung sebuah ruangan sekaligus tempat anggota keluarga dan tamu duduk santai sambil mengobrol.

Namun ini juga menjadi tempat yang nyaman untuk anjing ataupun kucing peliharaan. Jika hewan peliharaanmu seringkali bermain dan berbaring di sofa, pilih jenis kain sofa yang tahan bulu agar bulu mudah dibersihkan dan tidak menjadi penyebab alergi di rumah.

Bahan-bahan yang bisa menjadi pilihan adalah kulit, denim dan kain leather. Beri lapisan pada permukaan sofa untuk menjaga agar bulu hewan tidak mudah menempel.

2. Memilih kaki meja atau kursi

JIka kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, selain model nya yang berkelas, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis bahan dan daya tahannya.

Kaki meja berbahan kayu sangat tidak direkomendasikan karena hewan peliharaan mungkin akan mencakar dan mengunyah kayu ini.

Sebaiknya gunakan bahan campuran logam atau besi agar kaki meja lebih tahan lama. Petimbangkan pula tinggi meja dan barang-barang di atasnya untuk menghindari kucing atau anjing melompat ke atasnya.

3. Pertimbangkan warna furnitur

Apakah peliharaanmu kucing dengan bulu hitam atau anjing jenis golden doodle dengan bulu coklat? Kamu bisa memilih warna sofa atau karpet yang menyerupai warna bulu hewan peliharaanmu.

Ini membuat furnitur tampak lebih rapi, namun karena warna bulu yang menempel tidak begitu terlihat sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin menggunakan vacuum cleaner agar perabot tetap bersih.

4. Gunakan tempat tidur kucing yang mudah dibersihkan

Menempatkan tempat tidur nyaman yang bisa dicuci untuk kucing akan lebih mudah dilakukan daripada harus mencuci sofa bukan?

Jika hewan peliharaan seringkali tidur di atas sofa, mungkin mereka menyukai permukaan yang empuk untuk tidur.

Untuk itu sebaiknya menempatkan tempat tidur khusus hewan peliharaan yang nyaman agar mereka tidak memilih untuk tidur di sofa lagi. Kamu juga bisa menggunakan pelapis tempat tidur agar lebih mudah dibersihkan.

5. Beli furnitur khusus hewan

Berikan hewan peliharaan cukup tempat untuk explore agar tidak mengganggu perabotan lainnya di rumah.

Seperti menyediakan cat-tree untuk mereka memanjat, cat stretcher untuk mereka mengasah kuku dan tempat tidur khusus hewan.

Jika kebutuhan mereka terpenuhi, kerusakan furnitur akibat cakaran kucing pun akan berkurang dan ini akan memperpanjang usia furnitur kamu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/25/075700076/5-tips-memilih-furnitur-yang-aman-dan-nyaman-untuk-hewan-peliharaan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke