Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Tanaman Anggur Berbuah? Ini Faktor yang Mempengaruhinya

Sinar matahari dan tanah yang dikeringkan dengan baik adalah kunci untuk tanaman anggur tumbuh dan menghasilkan buah.  

Selain itu, tanaman anggur juga mudah ditanam di wadah apa pun seperti di tanah langsung dan di pot. Tanaman anggur juga tak memerlukan banyak penyiraman serta memberi keindahan di taman saat berbuah.

Sayangnya, untuk menghasilkan buah, tanaman anggur memerlukan waktu yang sangat lama. 

Melansir dari laman Home Guides Sfgate, Kamis (9/9/2021), pohon anggur membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk berbuah. 

Namun, garis waktu itu juga dipengaruhi pada beberapa faktor lingkungan serta bagaimana merawat tanaman.

Nah, berikut ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat menanam anggur agar menghasilkan buah yang berlimpah, segar, dan berasa manis serta enak.  

Waktu dasar

Ketika tanaman anggur memasukan musim semi, hanya ada satu set tunas kecil yang  tumbuh. Tunas itu dapat tumbuh relatif cepat pada tahun pertama dan mengembangkan batang tebal, tetapi belum siap menghasilkan buah anggur.

Pada musim semi kedua, tanaman anggur masih tumbuh dan beberapa tandan buah anggur muncul meski buahnnya masih kecil, tetapi sudah bisa dimakan. 

Kemudian pada musim semi ketiga tiba, tanaman anggur menghasilkan buah yang jauh lebih besar, banyak, matang, juga rasa yang manis dan enak. 

Inilah salah satu alasan mengapa kebanyakan tanaman anggur tidak menghasilkan buah pada tahun kedua. Untuk itu, perlu dilakukan pemangkasan agar tanaman anggur berbuah.

Pada tahun pertama, pangkas semua kecambah yang muncul dari tanah, kecuali yang paling kuat. Dari yang satu itu, biarkan empat dahan utama berkembang dan pangkas sisanya. 

Pada tahun kedua, latih dahan ini dalam dua tingkat di sepanjang teralis atau pagar saat sudah cukup panjang dan keluar ke setiap sisi.

Setelah itu, pada musim gugur kedua, pangkas tanaman anggur sekitar 70 persen, hanya menyisakan batang utama dan dahan.

Dahan akan berumur satu tahun pada musim semi, yang berarti mereka dapat menumbuhkan pertumbuhan yang diperlukan untuk mengembangkan buah anggur. 

Sinar matahari

Tanpa sinar matahari, tanaman anggur tidak akan berkembang dengan baik, berapa pun usianya. Anggur dapat tumbuh di tempat teduh yang hanya sebagian, tetapi tidak  menghasilkan banyak buah.

Karena itu, tanaman anggur perlu mendapatkan banyak sinar matahari, sekitar tujuh hingga delapan jam per hari demi berbuah banyak.

Ketika buah anggur muncul, sinar matahari membantu tanaman mengembangkan lebih banyak rasa manis. 

Tanah

Anggur membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk menjaga sistem akar tetap sehat. Tanpa akar yang kuat, pokok anggur tidak dapat menghasilkan buah. 

Tanaman anggur lebih menyukai tanah lempung, tetapi dapat bertahan hidup di tanah yang lebih padat selama drainase mengalir dengan baik. 

Pada iklim Mediterania yang cenderung memiliki cuaca musim semi yang lebih dingin, buah anggur mungkin tidak matang sampai pertengahan hingga akhir musim panas, terkadang hingga awal musim gugur.

Anggur biasanya mengembangkan warna dan ukurannya jauh sebelum matang, jadi tidak bisa menggunakan mata untuk mengetahui anggur sudah matang. 

Sebaliknya, Anda perlu mencicipinya. Keluarkan anggur dari beberapa tandan yang tersebar di sekitar pokok anggur dan cicipi rasa manisnya.

Setelah anggur mencapai rasa yang Anda suka, saatnya untuk memanennya. Anggur tidak terus matang dan menjadi lebih manis setelah dipetik.

Karena itu, biarkan buah anggur tetap di pohon sampai mencapai tingkat kematangan yang tepat. Perlu diketahui bahwa setiap tahun bisa berbeda, jadi jangan gunakan tanggal panen tahun sebelumnya secara pasti.  

Misalnya, satu musim panas mungkin cerah dengan sedikit tutupan awan, sementara musim berikutnya mendung hampir setiap hari.

Karena anggur membutuhkan sinar matahari untuk matang dengan sempurna, dibutuhkan waktu lebih lama dalam beberapa tahun dengan hari-hari yang lebih berawan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/09/195000576/berapa-lama-tanaman-anggur-berbuah-ini-faktor-yang-mempengaruhinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke