Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Anggur dari Bijinya, Mudah Dilakukan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman menjadi tren yang banyak dilakukan masyarakat di tengah pandemi. Anda pun bisa memanfaatkan tren ini dengan menanam buah di rumah dan memperoleh hasilnya.

Untuk menanam anggur, Anda dapat memulai dari biji. Pilihlah biji atau benih dari jenis anggur yang tumbuh subur di iklim tropis.

Beberapa bibit dapat menghasilkan buah dalam waktu dua tahun, sementara yang lain membutuhkan hingga tujuh tahun pertumbuhan sebelum mulai berproduksi.

Dikutip dari Hunker, berikut cara menanam anggur dari biji yang dapat dilakukan di rumah.

1. Menyiapkan biji anggur

Dapur biji anggur dari buah-buahan yang sudah matang dengan mengirisnya menjadi dua memanjang. Ekstrak bijinya dengan ujung pisau bersih atau kuku jari Anda, berhati-hatilah agar tidak merusak biji.

Setelah meletakkan biji ke dalam wadah berisi air, biarkan terendam selama 24 jam, buang biji yang tidak tenggelam.

2. Siapkan biji

Tiriskan biji yang tersisa keesokan harinya, dan letakkan di dalam wadah kecil yang disertai dengan sedikit lumut gambut yang lembap. Satu sendok makan lumut gambut cukup untuk 50 biji.

Setelah wadah ditutup, diamkan di kulkas pada suhu 1,6 hingga 4 derajat celcius selama tiga bulan. Paparan dingin semacam ini disebut periode stratifikasi.

3. Menabur benih

Pada akhir jangka waktu tersebut, buka wadah dan tanam benih pada kedalaman sekitar tiga kali panjangnya dalam campuran awal benih yang lembap dan steril. Pastikan wadah memiliki lubang drainase bawah, dan beri jarak 1,5 inci satu sama lain.

Tempatkan wadah di bawah lampu tumbuh yang menyala selama 16 jam per hari. Sebab, biji anggur berkecambah paling baik di bawah kondisi hari yang panjang, dan jaga agar campuran awal benih tetap lembap.

Jika suhu tetap sekitar 21 derajat celcius di siang hari, sebaiknya pastikan suhu turun ke 15,5 derajat celcius di malam hari, beberapa biji dapat berkecambah, atau bertunas, dalam waktu dua minggu, meskipun yang lain mungkin membutuhkan waktu dua bulan atau lebih lama untuk bertunas.

4. Mempercepat perkecambahan

Menempatkan biji anggur di air mengalir menghilangkan persyaratan periode stratifikasi karena air menghilangkan penghambat perkecambahannya.

Cobalah dengan memasukkan biji anggur basah ke dalam kantong kain muslin kecil segera setelah Anda mengumpulkan biji anggur.

Kemudian, letakkan kantong itu di air yang mengalir. Dalam kondisi tersebut, benih dapat mulai berakar dalam delapan hari, setelah itu benih harus ditanam dengan cara yang sama seperti Anda menabur benih bertingkat yang tidak memiliki akar.

Jangan biarkan benih di dalam air lebih dari 12 hari, atau akarnya akan mulai menguning.

5. Membuat bibit anggur sehat

Ketika bibit kecil memiliki dua set daun, pindahkan setiap tanaman ke dalam pot berdiameter 4 inci yang diisi dengan campuran yaitu 8 bagian media tanam, 1 bagian batu apung, dan 1 bagian pasir.

Jika Anda suka, Anda dapat memberi pupuk yang direkomendasikan untuk bibit, seperti pupuk 2-3-1 dengan setengah kekuatan yang disarankan paket pupuk. Untuk bulan pertama, campurkan 1 sendok makan pupuk 2-3-1 dengan 3 liter air.

Setelah itu, tingkatkan jumlah pupuk menjadi 2 sendok makan per sekitar 3 liter air. Transplantasi setiap bibit ke dalam pot sendiri sekitar enam minggu setelah setiap bibit dipindahkan ke pot berdiameter 4 inci.

Anggur muda harus siap untuk pergi ke luar ruangan saat setiap tanaman telah menambahkan enam daun asli ke dua daun aslinya, yaitu daun biji. Biasakan tanaman merambat dengan kondisi luar ruangan.

Caranya dengan mengatur pot mereka dalam posisi teduh selama beberapa jam setiap hari pada awalnya dan kemudian membawanya kembali ke dalam ruangan selama sisa setiap hari. Secara bertahap pindahkan mereka ke lebih banyak sinar matahari.

6. Merawat tanaman anggur

Pilih posisi untuk tanaman anggur, pastikan tempat meletakkan tanaman memiliki paparan sinar matahari penuh dan tanah yang cukup kaya dan dikeringkan dengan baik dan berada di samping punjung, teralis atau pagar.

Apabila Anda menanam anggur di pekarangan rumah atau lahan, tanam bibit dengan jarak sekitar 2 hingga 3 meter, buat setiap lubang tanam lebih lebar dan lebih dalam dari bola akar sulur masing-masing dan tempatkan tanaman rambat pada kedalaman tanah yang sama di mana mereka tumbuh di pot.

Isi sisa lubang dengan tanah untuk membuat lubang. Pastikan tanah di sekitar tanaman rata dengan tanah di sekitarnya.

Sirami tanah tanaman dengan baik, dan pastikan mereka menerima setidaknya 1 inci air per minggu selama tahun pertama mereka.

Berikan pupuk seimbang dengan takaran kecil, ke dalam tanah di sekitar setiap tanaman anggur. Misalnya, gunakan pupuk organik 5-5-5.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/09/091500076/cara-menanam-anggur-dari-bijinya-mudah-dilakukan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke