Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Bergaya Skandinavia

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain ruang tamu minimalis bergaya Skandinavia banyak digemari karena beberapa alasan yang bagus.

Ruang tamu Skandinavia menampilkan kesederhanaan, tidak berantakan, serta mengombinasikan bentuk dan fungsi, sehingga menciptakan interior estetis nan praktis.

Ruang tamu Skandinavia mudah ditata karena palet warna netral dan monotonnya sangat mudah untuk diwujudkan. Cara terbaik untuk menata ruang tamu Skandinavia adalah dengan menambahkan tekstur dan layering untuk menciptakan kesan mewah.

Anda dapat melakukannya dengan menambahkan bahan-bahan alami, seperti karpet sisal, keranjang anyaman, serta furnitur kayu, lalu menambahkan linen halus, semuanya dalam warna yang tidak mencolok.

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (4/9/2021), berikut beberapa ide desain ruang tamu minimalis Skandinavia yang dapat menjadi inspirasi di rumah Anda.

1. Tata letak terbuka

Ruang tamu Skandinavia umumnya rapi, tidak berantakan. Gunakan garis yang bersih, furnitur minimalis, dan fokus menghadirkan nuansa alam di dalam ruangan.

Sebagian besar rumah Skandinavia berkonsep terbuka, menggabungkan dapur, ruang tamu, dan ruang makan untuk menciptakan jantung rumah tangga sekaligus memberi kesan ruang yang lapang.

Tata letak ruang tamu terbuka juga mendorong Anda untuk mengurangi kekacauan dan hanya menampilkan benda khusus yang dikurasi. Pilih furnitur yang pas untuk menyederhanakan interior dan memaksimalkan penyimpanan ruang tamu.

2. Furnitur fungsional

Tujuan utama desain ruang tamu Skandinavia adalah untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, furnitur tidak hanya tentang keanggunan gaya, tetapi juga tentang fungsionalitas.

Dalam artian, furnitur harus memiliki tujuan dan bertahan dalam ujian waktu. Pilih beberapa perabot utama di setiap ruangan yang terlihat bagus tetapi juga fungsional.

Padukan dengan beberapa aksesori, perlengkapan, atau perabot yang dipilih dengan cermat untuk menyatukan ruangan.

Untuk ruang tamu, misalnya, sofa dan kursi yang nyaman, lampu lantai sederhana, cermin atau karya seni, beberapa tanaman hias besar yang ditempatkan dengan hati-hati, karpet anyaman, dan bantal aksen berfungsi dengan baik.

3. Skema warna netral

Latar belakang berupa dinding warna netral penting dalam mewujudkan ruang tamu minimalis bergaya Skandinavia. Cara termudah untuk mencapainya adalah dengan dinding ruang tamu putih.

Kanvas kosong yang bersih adalah pilihan yang tak lekang oleh waktu. Anda juga akan mudah memutuskan untuk mengubah tampilan ruangan dengan mengganti aksesori, perabotan, dan karya seni.

Jika Anda menyukai warna dan pola, tambahkan beberapa ide warna aksen atau menciptakan ruangan yang terkoordinasi dengan warna. Misalnya, pasangkan bantal atau karpet bermotif dengan sofa abu-abu, atau hiasi hanya satu sisi dinding dengan wallpaper atau lukisan.

4. Biarkan cahaya alami masuk

Pencahayaan ruang tamu Anda sangat penting untuk membuat ruang tamu bergaya Skandinavia terasa ramah, santai, dan atmosfer dari siang hingga malam.

Pencahayaan adalah salah satu alat desain paling serbaguna yang dapat digunakan untuk mempercantik ruang tamu. Usahakan ruang tamu Anda banyak menerima cahaya alami.

"Jaga dekorasi jendela seminimal mungkin untuk memungkinkan cahaya masuk. Jendela harus terdiri dari daun jendela, linen atau tirai kain tipis," kata pakar gaya hidup di Contura, Catharina Björkman.

Gunakan juga lampu gantung yang dipikirkan dengan matang, daripada pencahayaan di atas kepala atau satu sumber cahaya pusat. Kombinasi lampu lantai dan lampu meja akan memberikan alternatif yang lebih lembut.

5. Gunakan bahan dari alami

Bahan alami, seperti kayu, kulit, anyaman dan katun, semuanya memainkan peran besar dalam ruang tamu Skandinavia yang otentik.

Ada hubungan kuat antara elemen desain dan alam, didorong oleh hutan di kawasan negara-negara Skandinavia dan ruang terbuka yang berlimpah.

Membawa bahan-bahan alami ke dalam rumah membantu Anda untuk terus merasa terhubung dengan alam.

Desain Skandinavia berpadu apik dengan berbagai bahan alami termasuk batu, kayu, dan linen. Semua bahan harus disimpan dalam nada dan skema warna yang sama, misalnya, putih, krem, dan ide ruang tamu abu-abu.

6. Tampilkan tanaman hias

Menampilkan tanaman hias adalah salah satu cara termudah untuk memperkenalkan alam ke ruang tamu Skandinavia. Tanaman juga memberi rumah peningkatan yang murah namun instan.

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memikirkan bagaimana Anda dapat menambahkan tanaman hijau dan tanaman ke rumah Anda dengan cara yang kreatif dan menarik," terang Björkman.

"Waktu yang dihabiskan di dalam ruangan tidak perlu disia-siakan; alih-alih rencanakan oasis dalam ruangan Anda sendiri dan pertimbangkan bagaimana tanaman dapat meningkatkan ruang dan meningkatkan tata letak secara keseluruhan," imbuh dia.

Kelompokkan tanaman rumah dalam urutan tinggi atau tambahkan tanaman gantung ke dekat kusen pintu atau rel gorden untuk tampilan yang unik. Selain itu, jika Anda memiliki ruang tamu kecil atau ruang tamu apartemen, Anda dapat menambahkan kaktus dan tanaman kecil lainnya.

7. Bawa warna luar ruangan ke dalam

Lupakan tampilan serba putih yang mencolok demi skema yang terinspirasi oleh alam bebas. Gunakan skema warna alami untuk tampilan yang bersahaja dan menenangkan.


Hal ini dapat diterapkan pada warna dinding dan lantai, gorden, dan tempat duduk di ruang tamu.

Gunakan warna hijau untuk membangkitkan nuansa alam, rumput dan tanaman, biru untuk langit dan laut, dan kuning untuk matahari dan bunga. Nuansa netral seperti ruang tamu berwarna cokelat dan krem akan membuat interior terasa lebih alami, bersih, dan segar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/04/091900876/7-ide-desain-ruang-tamu-minimalis-bergaya-skandinavia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke