Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Ini 10 Cara Mendekorasi Ulang Ruangan

Melansir dari Taste of Home, Jumat (3/9/2021), berikut ini cara mendekorasi ulang ruangan yang bisa Anda coba. 

Gunakan warna bold 

Saat memilih warna cat, boleh saja melanggar aturan. Membuat ruangan lebih gelap adalah cara memberikan nuansa lebih mendalam secara instan.

Coba gunakan warna gelap yang berani pada kamar tidur atau kuning cerah untuk ruang tamu. Jika tidak menyukainya, bisa menggunakan warna tersebut sebagai warna aksen. 

Ikuti aturan 10-30-60

Setelah skema warna diputuskan, Anda harus memutuskan bagaimana mereka akan bekerja sama. Di sinilah, aturan 10-30-60 berperan.

Pilih warna dominan yang akan Anda gunakan untuk 60 persen ruang, warna sekunder (30 persen), dan warna aksen (10 persen).

Warna dominan sering diaplikasikan pada dinding dan penutup lantai. Warna sekunder bekerja dengan baik pada furnitur dan warna aksen dicadangkan untuk aksesori seperti bantal, vas bunga, atau kap lampu. 

Bentuk dan fungsi 

Saat memilih furnitur, pertimbangkan baik bentuk maupun fungsinya. Pilih bagian untuk pintu masuk yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki laci untuk menyimpan kunci mobil dan barang kecil lainnya.

Jika tidak suka kekacauan di ruang tamu, cari meja tempat Anda dapat menyimpan remote, majalah, dan barang-barang antik. 

Pilih karpet yang tepat 

Anda mungkin tergoda membeli karpet dengan desain yang Anda sukai meski karpetnya terlalu kecil. Namun, sebainya menghindari hal itu.

Pastikan setidaknya sebagian dari karpet Anda dapat ditempatkan di bawah beberapa furnitur sehingga membuat ruangan terlihat rapi dan besar. 

Campuran tekstur 

Jangan takut mencampur tekstur dalam sebuah ruangan. Coba tambahkan kursi rotan ke ruang tamu bersama dengan beberapa perlengkapan logam.

Atau tambahkan lampu kuningan bersama dengan beberapa tanaman untuk menambahkan semburat hijau. 

Menggantung karya seni dengan benar

Sebelum mulai memasang paku pada dinding untuk menggantung karya seni, lakukan sedikit persiapan.

Sebagian besar karya seni terlihat paling baik digantung setinggi mata antara 1,4 sampai 1,5 meter. Setelah itu, buat sketsa kotak di atas kertas sebelum mulai menancapkan paku.

Tetap berpegang pada aturan 'bertiga' 

Aturan bertiga adalah konsep desain klasik yang mengatakan pengelompokkan bernomor ganjil menciptakan lebih banyak minat visual daripada angka genap.

Coba tambahkan tiga bantal lempar atau kelompokkan satu set tiga vas dalam berbagai ukuran. 

Tambahkan lapisan cahaya 

Satu lampu di atas kepala dapat membuat ruangan terlihat datar. Sebagai gantinya, lapisi sumber cahaya. Coba tambahkan lampu sconce atau letakkan lampu lucu di sudut untuk menambahkan cahaya lembut.  

Jangan lupa mengukur 

Sebelum membeli sofa atau rak buku baru, pastikan mengukurnya. Jika furnitur terlalu besar atau terlalu kecil, itu bisa membuat ruangan terlihat tidak seimbang.

Sebelum membeli furnitur, petakan di mana Anda akan meletakkan barang-barang besar sehingga ruangan tidak akan terlihat berantakan. 

Gunakan aksesori unik 

Bahkan desainer paling konservatif pun harus sesekali menjadi unik. Buat sebuah titik fokus pada ruangan dengan vas yang tidak biasa atau mangkuk dekoratif dalam desain atau warna yang berani.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/03/184800576/mudah-ini-10-cara-mendekorasi-ulang-ruangan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke