Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Tanaman Bunga Kertas atau Bugenvil Beracun? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Bugenvil atau bunga kertas adalah tanaman bunga tropis yang cantik. Tidak hanya itu, tanaman ini juga kuat, dapat tumbuh dengan cepat, serta dipenuhi bunga yang cantik berwarna cerah.

Bugenvil tumbuh di lingkungan dengan paparan sinar matahari penuh. Namun demikian, ada pandangan bahwa tanaman bunga ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan karena beracun.

Apakah benar tanaman bunga kertas atau bugenvil beracun? Dilansir dari Hunker, Senin (23/8/2021), berikut ini penjelasannya.

Toksisitas secara keseluruhan

Secara umum, bugenvil tidak beracun. Akan tetapi, bugenvil tidak sepenuhnya tidak berbahaya.

Batangnya mengandung getah dan duri, yang diketahui menyebabkan dermatitis kontak, ruam kulit yang gatal atau tidak nyaman.

Jika Anda terkena getah atau duri bugenvil dan mengalami reaksi, minumlah antihistamin dan krim anti-gatal hidrokortison selama beberapa hari.

Adapun bila gejala tidak reda atau Anda mengalami ruam parah atau gejala alergi, segera hubungi dokter. Meskipun reaksi alergi yang parah tidak mungkin terjadi, hal itu mungkin terjadi.

Keamanan hewan peliharaan

Kebanyakan hewan peliharaan tidak akan kesulitan berada di sekitar tanaman bugenvil, bahkan jika mereka menelan satu atau dua daunnya.


Konon, duri bugenvil dapat menimbulkan risiko cedera, terutama jika hewan tersangkut di tanaman bugenvil yang tebal dan padat.

Sementara duri kemungkinan besar hanya menyebabkan luka, namun duri mungkin juga menyebabkan kulit iritasi atau gatal. Rawat kulit dengan membersihkannya dengan air sabun hangat dan mengoleskan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal.

Jika gejalanya memburuk atau tidak hilang dalam beberapa hari, hubungi dokter untuk menentukan apakah perawatan lebih lanjut diperlukan.

Meminimalkan paparan

Bugenvil tumbuh menyebar, seringkali menciptakan penghalang tanaman yang tebal. Tanaman ini sering digunakan di sepanjang pagar atau untuk membuat dinding alami dan batas antar ruang.

Lewati penggunaannya untuk tujuan ini di dekat taman bermain, kolam renang, atau area yang sering dilalui anak-anak dan hewan peliharaan.

Bugenvil juga sebaiknya dijaga beberapa meter dari pintu, jalan setapak dan ruang kecil tertutup. Pangkas tanaman secara teratur agar tidak tumbuh di area lalu lintas tinggi.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk menambahkan warna di ruang di mana orang mungkin bersentuhan dengan durinya, coba gunakan di bagian atas kisi atau di pot tinggi dan pot kotak untuk menjauhkan duri dari jangkauan tangan kosong dan penasaran tangan.

Menjaga bugenvil tetap terkendali

Bugenvil tumbuh cepat dan akan menyerap banyak air dan nutrisi tanah dari tanaman terdekat. Tanaman ini juga bisa tumbuh tinggi dan menyebar ke tingkat yang hampir invasif jika dibiarkan.


Untuk melindungi diri Anda dari duri dan agar bugenvil tidak membuat tanaman yang lain kelaparan, pastikan untuk memangkasnya sesering yang diperlukan. Anda dapat melakukan pemangkasan pemeliharaan ringan pada bugenvil setiap saat sepanjang tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/23/072600276/apakah-tanaman-bunga-kertas-atau-bugenvil-beracun-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke