Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manakah Unsur Pupuk yang Paling Baik untuk Pertumbuhan Tanaman?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan bunga pada tanaman merupakan bagian penting dari reproduksi tanaman. Pertumbuhan tanaman yang sehat membutuhkan semua unsur pupuk. Sebab, kekurangan satu unsur dapat menyebabkan banyak gejala. 

Sepert dilansir Home Guides SF Gate, semua elemen berperan dalam perkembangan tanaman, khusus untuk elemen fosfor.

Fosfor merupakan elemen yang paling bertanggung jawab untuk merangsang perkembangan akar, bunga, dan buah. Berikut ini beberapa unsur pupuk yang dapat mendorong pertumbuhan tanaman. 

Nutrisi utama 

Tanaman membutuhkan 16 unsur hara untuk pertumbuhannya. Tiga di antaranya diambil dari udara dan air, yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen.

Dari nutrisi penting yang tersisa, tiga dianggap nutrisi utama, yakni nitrogen, fosfor, juga kalium. Ketiganya diambil dalam jumlah lebih besar oleh tanaman, yang paling sering kekurangan dalam tanah dan tiga paling umum diterapkan.

Tak heran ketiga unsur tersebut dicantumkan pada pupuk sebagai peringkat NPK. 

Peran fosfor 

Pupuk yang diformulasikan secara khusus untuk perkembangan kuncup dan mekar sering kali lebih tinggi fosfor daripada dua nutrisi utama lainnya. Ini karena fosfor adalah nutrisi penting yang terlibat dalam merangsang dan meningkatkan perkembangan serta pembentukan tunas.

Selain itu, fosfor juga berfungsi pembentukan biji dan pembungaan serta membantu mempercepat kematangan tanaman. Fosfor juga penting dalam proses fotosintesis dan respirasi serta membantu memperkuat akar muda dan memberi akar awal yang kuat. 

Peran nitrogen dan kalium 

Sementara itu, fosfor adalah elemen paling terkait dengan pertumbuhan dan produksi bunga. Nitrogen adalah unsur utama dalam asam amino atau sering disebut "bahan penyusun kehidupan".

Nitrogen merangsang pertumbuhan hijau yang lebih kuat, yang memberikan batang dan daun yang sehat sambil meningkatkan produksi buah dan biji. 

Selain itu, nitrogen juga membantu merangsang pertumbuhan akar dan diperlukan untuk penyerapan nutrisi lainnya.

Kalium, di sisi lain, sangat penting untuk beberapa area pertumbuhan tanaman, termasuk toleransi kekeringan, ketahanan terhadap penyakit, kekuatan batang, perbaikan tekstur, warna dan rasa buah, serta fotosintesis.  

Kekurangan satu unsur hara menyebabkan tanaman lesu 

Kekurangan salah satu unsur hara dapat menyebabkan kinerja tanaman menjadi lesu, termasuk pertumbuhan bunga yang kerdil.

Namun, sebagian besar tanah cukup untuk memproduksi bunga, terutama bila diubah dengan bahan organik yang kaya dan semua kebutuhan tanaman lainnya terpenuhi. 

Menggunakan pupuk bunga atau yang dirancang khusus untuk produksi kuncup dan mekar dapat membantu dalam jangka panjang, tetapi mungkin tidak diperlukan.

Jika Anda tidak yakin, lakukan uji tanah untuk melihat apakah tanah kekurangan nutrisi penting.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/13/190700476/manakah-unsur-pupuk-yang-paling-baik-untuk-pertumbuhan-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke