Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Lampu Berkedip Tiba-tiba? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang berkumpul di ruang keluarga atau membaca buku di kamar tidur, pernahkah mengalami kondisi di mana lampu tiba-tiba berkedip?

Ada beberapa penyebab lampu berkedip yang perlu Anda ketahui. Namun demikian, jangan khawatir, sebab perbaikannya pun tidak sulit.

Dilansir dari Family Handyman, Sabtu (17/7/2021), berikut beberapa penyebab lampu berkedip tiba-tiba dan solusinya.

Apa penyebab lampu berkedip?

Lampu yang berkedip-kedip sering kali menunjukkan bahwa bohlam itu sendiri (bukan lampu atau seluruh sistem kelistrikan rumah) mendekati akhir masa pakainya.

“Salah satu alasan paling umum, dan Anda harus selalu mencari hal-hal yang jelas terlebih dahulu, adalah bohlam akan segera putus,” kata Terry Duncan, CEO Mr Electric di Inglewood, California.

Jika ini masalahnya, imbuh Duncan, mengganti bohlam lama dengan yang baru akan berhasil menyelesaikan masalah.

"Anda juga dapat mencoba memasang bohlam sedikit lebih kencang untuk melihat apakah itu membantu. Terkadang bohlam yang kendur juga akan berkedip," jelas Christopher Haas dari Haas & Sons Electric di Pasadena, Maryland.

Masalah bohlam lama dan/atau kendur biasanya hanya berlaku untuk bohlam pijar. Jika lampu berkedip yang dimaksud adalah lampu LED, Anda tentu dapat mencoba mematikan bohlam untuk melihat apakah itu membantu.

Namun demikian, kemungkinan besar, Anda harus menyelidiki lebih lanjut.

Penyebab lain lampu berkedip

Anda telah mengganti bohlam dan kedipan terus berlanjut. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi.

1. Kabel atau sambungan listrik longgar

Duncan mengatakan, hal ini kemungkinan besar terjadi jika Anda baru-baru ini melakukan pekerjaan listrik di rumah oleh seseorang yang gagal menyambungkan atau mengamankan semua kabel dengan benar.

Jika Anda mencurigai hal ini, Duncan merekomendasikan untuk memanggil teknisi listrik untuk membantu penyelidikan, karena kebakaran akibat aliran listrik terkadang dapat terjadi dalam kondisi ini.

2. Komponen yang salah

Jika lampu sudah tua, rusak, berkarat, atau rusak karena alasan lain seperti kabel retak atau sakelar kendur, kedipan dapat terjadi. Untuk menguji ini, Haas menyarankan untuk melepas bohlam dan menggantinya dengan yang Anda tahu berfungsi.

Jika kedipan terus berlanjut, permasalahan bisa jadi pada komponen seperti kap lampu atau fitting lampu. Anda dapat memulai dengan memasang yang baru.

Kemudian jika masih juga berkedip, saatnya untuk memanggil teknisi listrik guna menangani hal ini.

3. Ketidakcocokan dengan lampu LED

Beberapa lampu, khususnya lampu pada kipas angin gantung, mungkin tidak beroperasi dengan benar saat menggunakan bohlam LED.

Jika Anda menggunakan bohlam LED dan peralatan, atau perlengkapan berkedip, coba ganti kembali ke bohlam pijar biasa. Tapi, bukan itu saja yang mungkin tidak berfungsi dengan benar dengan lampu LED yang lebih baru.

Apakah lampu berkedip berbahaya?

"Selain kasus sambungan listrik yang longgar, lampu yang berkedip jarang berbahaya," ungkap Duncan.


 

Namun, jika mengganti bola lampu, mengganti perlengkapan dan/atau berinvestasi dalam fitting baru terbukti sia-sia, jangan biarkan. Masalah listrik yang tampaknya kecil dapat berkembang seiring waktu, yang pada akhirnya menciptakan potensi bencana.

"Panggil seseorang untuk melihatnya. Itu selalu yang terbaik untuk keamanan," saran Duncan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/17/131735176/kenapa-lampu-berkedip-tiba-tiba-kenali-penyebabnya-berikut-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke