Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Meski tak terlihat, kehadiran tikus di plafon tentunya sangat mengganggu dan membuat ribut sehingga penghuni rumah merasa tidak nyaman dan tenang.

Apabila didiamkan, tikus akan berkembang biak, membuat gaduh, dan menghadirkan risiko kerusakan pada plafon dan beberapa material di dalamnya, termasuk kabel listrik. 

Nah, berikut ini beragam cara mengusir tikus dari plafon dilansir dari beberapa sumber, Kamis (15/7/2021). 

Memasang jebakan

Untuk mengusir tikus di plafon, kamu perlu memasang jebakan tikus atau lem tikus di plafon rumah. Jangan lupa letakkan makanan di jebakan untuk memancing tikus mendekat.

Cara ini bisa berhasil untuk menangkap tikus-tikus berukuran kecil dan sedang. Setelah ada pertanda tikus tertangkap, segera buang. 

Memasang pengusir tikus ultrasonik

Apabila tak mau repot memasang jebakan tikus dan membuang tikus ke luar rumah,  manfaatkan alat pengusir tikus ultrasonik dari berbagai jenis dan merek.

Jangan khawatir, alat satu tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu manusia. Kamu tidak perlu memasang alat pengusir tikus ultrasonik di plafon. Cukup nyalakan di dalam rumah dan tikus pun akan terganggu dengan suaranya.

Lama-kelamaan tikus yang tinggal dan bersarang di plafon akan merasa tidak nyaman dan pergi. 

Menyemprotkan semprotan antitikus

Saat ini, sudah ada semprotan yang diformulasikan khusus untuk mengusir tikus atau mouse reppelent. Kamu bisa mencari semprotan ini berbagai platform belanja online dengan  beragam pilihan merek.

Untuk menggunakannya, cukup semprotkan ke plafon dan area yang sering dilalui tikus. Dalam beberapa hari, tikus akan menghindari area tersebut. 

Pasang pengusir tikus gelombang elektromagnetik

Pengusir tikus gelombang elektromagnetik menjadi salah satu alat lain yang dapat mengusir tikus di rumah, khususnya plafon.

Ketika dinyalakan, pengusir tikus gelombang elektromagnetik dapat mengganggu sistem saraf tikus sehingga membuat tikus tidak akan betah. 

Panggil jasa pembasmi tikus

Mungkin ini adalah langkah terakhir yang perlu dilakukan apabila merasa kesulitan mengusir tikus di plafon, terlebih bagi orang yang jijik dan tidak berani.

Panggil layanan jasa pembasmi tikus berpengalaman. Jasa ini bisa mencari tempat persembunyian tikus di berbagai area dengan mudah.

Cara satu ini akan memakan biaya, tetapi demi kenyamanan dan terbebas dari gangguan tikus, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang. 

Tutup setiap lubang yang ada di plafon

Setelah memastikan tidak ada lagi keberadaan tikus di plafon, kamu perlu menutup setiap lubang yang ada sekecil apa pun itu.

Cara ini berfungsi agar tidak ada lagi akses masuk bagi tikus ke plafon. Sisir semua area plafon dengan benar, termasuk pada genteng rumah, dan pastikan bahwa semua lubang sudah tertutup rapat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/15/170000976/6-cara-mengusir-tikus-dari-plafon-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke