Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Pakai Bahan yang Ada di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat buah adalah salah satu hama serangga yang kehadirannya mengganggu di rumah. Apalagi jika Anda menyimpan buah-buahan di dapur atau ruang makan.

Namun demikian, Anda tidak perlu menggunakan produk pestisida pabrikan untuk membasmi lalat buah di rumah. Anda bisa membuat produk perangkap lalat buah sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Dilansir dari The Spruce, Senin (12/7/2021), berikut cara membuat perangkat lalat buah dengan bahan-bahan yang sudah dimiliki di dapur.

Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan

Perlu diperhatikan, meskipun cuka adalah bahan utamanya, dan dianggap aman untuk dikonsumsi, namun sabun cuci piring cair tidak. Maka dari itu, jauhkan larutan ini dari jangkauan anak-anak.

Cara membuat perangkap lalat buah

Sebelum membuat larutan perangkap lalat buah, singkirkan dahulu buah yang terlalu matang yang mungkin menarik lalat buah.

Langkah pertama, tuangkan secangkir cuka sari apel ke dalam stoples atau mangkuk kecil. Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam stoples.

Tempatkan perangkap di area di mana Anda pernah melihat lalat buah, dan tunggu sampai larutan menjalankan tugasnya.


Bagaimana cara kerja larutan perangkap lalat buah ini?

Cuka adalah bumbu dapur serbaguna yang ramah lingkungan. Selain kegunaan memasaknya, ini adalah bahan yang murah ditemukan dan banyak digunakan sebagai salah satu komposisi pembersih buatan sendiri.

Di samping itu, tidak seperti banyak produk pestisida yang dijual di pasaran, cuka tidak mengeluarkan asap yang berbahaya dan keras.

Lalat buah tertarik pada bau cuka dan akan berusaha mendarat di permukaannya. Namun, karena sabun cuci piring memecah tegangan permukaan cuka, maka lalat buah jatuh dan tenggelam.

Metode alternatif

Jika Anda tidak memiliki cuka, Anda juga dapat menjebak lalat buah dengan memasukkan potongan buah yang terlalu matang ke dalam kantong plastik terbuka.

Tunggu saja lalat buah berkumpul di buah. Kemudian, tutup tas dengan hati-hati, masukkan ke dalam.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/12/124749276/cara-membuat-perangkap-lalat-buah-pakai-bahan-yang-ada-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke