Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Meningkatkan Kenyamanan dan Produktivitas Saat WFH

Bagi banyak karyawan, kembali menjalani WFH tidaklah mudah. Meski memberi kenyamanan dan menghilangkan waktu perjalanan, WFH bisa lebih sulit daripada bekerja di kantor. 

Namun, untungnya, ada lima cara yang dapat membantu bekerja dari rumah lebih nyaman dan efisien tanpa menguras kantong.

Nah, melansir dari Home and Decor, Jumat (9/7/2021), berikut ini lima cara meningkatkan kenyamanan dan produktivitas saat WFH. 

Atur jadwal seperti biasa

Optimalkan pengalaman kerja jarak jauh dengan mengatur jadwal harian seperti biasa saat bekerja ke kantor. Meski tidak menghabiskan waktu untuk perjalanan, sebaiknya disarankan untuk tetap bangun dan tidur lebih awal.

Alasannya, ketika tubuh beradaptasi dengan jadwal harian yang konsisten, hal itu bisa membuat lebih mahir menangani tugas-tugas yang dilakukan hari itu.

Selain itu, menerapkan penjadwalan yang lebih ketat membantu mendekati waktu kerja yang ditentukan dengan lebih serius, memberi Anda waktu untuk perawatan diri dan relaksasi, serta membuat tidur lebih baik. 

Buat kopi dan makan siang di rumah

Meski kedai kopi dan restoran tetap buka untuk dibawa pulang, membuat kopi dan makan siang di rumah adalah cara paling bertanggung jawab secara finansial untuk memicu hasrat di tempat kerja.

Menurut sebuah studi ValueChampion, membeli kopi setiap hari dari Starbucks dapat mengeluarkan biaya sekitar US$1.300 atau setara Rp18 juta dalam setahun atau lebih.

Sebaliknya, membuat kopi sendiri dapat menghemat pengeluaran tahunan hingga ratusan ribu. Untuk itu, sebaiknya membuat kopi dan makan siang sendiri di rumah. Selain hemat, juga lebih sehat. 

Buat DIY meja kerja

Untuk kenyamanan maksimal saat bekerja, banyak ahli menyarankan agar membeli meja berdiri atau kursi kantor yang mahal.

Namun, daripada menghabiskan uang untuk peralatan mahal, cobalah beberapa trik do-it-yourself (DIY) secara online untuk menciptakan kembali lingkungan kerja di rumah.

Meja duduk-berdiri sering direkomendasikan karena memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan posisi kerja pilihan mereka sepanjang hari dan mendorong gerakan. 

Namun, alih-alih membeli meja duduk yang dapat menghabiskan biaya, cobalah membuatnya sendiri di rumah.

Pertimbangkan untuk menumpuk beberapa buku tebal di atas desktop untuk mendorong Anda duduk lebih tegak atau bahkan berdiri saat bekerja. Punggung Anda akan berterima kasih serta menghemat pengeluaran. 

Tentukan area terpisah untuk bekerja dan bersantai

Cara meningkatkan kenyamanan dan produktivitas saat WFH selanjutnya adalah memisahkan antara area kerja dan tempat tinggal pribadi atau ruang santai. 

Solusi ini akan berbeda untuk setiap orang karena beberapa orang umumnya lebih mudah beradaptasi dengan ruang mereka, sedangkan yang lain menuntut konsentrasi yang tenang.

Menentukan tempat kerja yang konsisten dan ruang relaksasi (seperti tempat tidur) baik untuk membuat diri Anda bertanggung jawab. 

Berolahraga dan gerakkan tubuh 

Terakhir, cara meningkatkan kenyamanan dan produktivitas saat WFH adalah bangkit dari kursi kerja dan berjalan-jalan ketika mulai merasa lelah.

Selain itu, olahraga dalam bentuk apa pun akan membuat tubuh dan pikiran tetap waspada dan siap untuk bekerja. Lakukan peregangan dan perubahan rangsangan visual akan memungkinkan Anda untuk merasa dihargai dengan cara berbeda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/09/133800876/5-cara-meningkatkan-kenyamanan-dan-produktivitas-saat-wfh-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke