Salin Artikel

6 Cara Menghemat Tagihan Listrik Saat Menggunakan AC

Namun, penggunaan AC sepanjang hari dan dalam waktu lama dapat meningkatkan tagihan listrik.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (2/7/2021), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan biaya tagihan listrik, terutama saat penggunaan AC. Berikut ini cara menghemat tagihan listrik saat menggunakan AC. 

Bersihkan atau ganti filter AC 

Kapan terakhir kali Anda mengganti filter udara unit AC? Jika sudah lama, pastinya hal itu dapat menumpuk dengan debu dan kotoran serta mengurangi aliran udara.

Periksa filter udara unit AC setiap sebulan sekali dan bersihkan atau ganti filter bila perlu. Menjaga filter AC tetap bersih dapat mengurangi penggunaan energi, dari lima persen hingga 15 persen. 

Jika Anda kesulitan mengingat untuk memeriksa filter, beberapa termostat memiliki lampu pengingat yang akan berubah warna saat filter perlu diganti. 

Menjaga saluran dan ventilasi 

Jika menggunakan unit AC sentral, pastikan saluran udara diisolasi dengan benar, terutama yang melewati loteng atau area lain yang tidak ber-AC.

Selain itu, Anda harus melakukan pemeriksaan menggunakan jasa profesional untuk memeriksa lubang atau kebocoran di saluran setiap setahun sekali. 

Jika memiliki ruangan di rumah yang tidak sering digunakan, seperti kamar tidur tamu, tutup pintu dan tutup ventilasi untuk menghemat energi penggunaan AC. 

Periksa celah 

Pastikan udara tidak keluar melalui bukaan, celah pintu, atau jendela selama AC dioperasikan. Perhatikan baik-baik segel di sekitar area ini untuk melihat apakah dempul perlu diterapkan untuk memblokir udara.

Idealnya, Anda harus memeriksa celah ini sebelum menyalakan AC saat awal cuaca musim panas.

Gunakan tirai 

Meski cahaya alami bagus, pada bulan-bulan musim panas, sinar matahari dapat meningkatkan suhu di rumah Anda. Tutup tirai untuk mengurangi panas dari luar.

Selain itu, jauhkan peralatan yang menghasilkan panas seperti televisi atau lampu dari termostat. 

Panas yang dihasilkan peralatan tersebut dapat menyebabkan termostat bekerja lebih keras dalam mendinginkan ruangan sehingga menggunakan lebih banyak energi.

Sementara itu, memasak, memanggang, atau menggunakan peralatan lain juga dapat menaikkan suhu di dalam ruangan serta memaksa AC bekerja lebih keras. Jadi, batasi aktivitas tersebut selama jam-jam terpanas dalam sehari. 

Gunakan kipas angin 

Kipas angin juga dapat membantu mendinginkan rumah dengan biaya yang lebih murah dari AC. Meski tidak mungkin dapat menggantikan unit AC sepenuhnya, kipas angin bisa menjadi pilihan bagus.

Pada hari-hari yang lebih ringan, menggunakan kipas angin dapat menghemat hingga 60 persen tagihan listrik. Letakkan kipas angin di dekat jendela. 

Mengatur suhu 

Cara menghemat tagihan listrik listrik saat menggunakan AC adalah mengubah termostat AC menjadi 25 derajat Celsius. Hal ini adalah cara efisien untuk penggunaan AC di rumah selama bulan-bulan saat cuaca panas. 

Menurunkan suhu rumah, seperti hingga 22 derajat Celsius, dapat meningkatkan biaya pendinginan sebanyak 47 persen. 

Perlu diingat, ketika cuaca panas, jangan menyetel AC pada suhu yang jauh lebih rendah. Meski mungkin berpikir itu membuat unit bekerja lebih cepat, pada kenyataannya itu tidak membantu mendinginkan ruangan lebih cepat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/02/171000076/6-cara-menghemat-tagihan-listrik-saat-menggunakan-ac

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.