Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Kucing Boleh Makan Telur? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemilik kucing kerap memberikan makanan manusia kepada hewan peliharaannya tersebut. Beberapa makanan yang diyakini menyehatkan manusia, seringkali diberikan kepada kucing juga.

Salah satunya adalah telur. Karena telur adalah makanan yang menyehatkan untuk manusia, namun apa kucing boleh makan telur?

Dilansir dari PetMD, Kamis (1/7/2021), berikut ini penjelasannya.

Apakah telur baik untuk kucing?

Telur adalah sumber protein dan lemak yang baik, dan kucing adalah karnivora tulen, yang berarti mereka makan makanan yang sebagian besar protein hewani.

Telur tidak direkomendasikan sebagai satu-satunya sumber protein makanan untuk kucing, tetapi kucing dapat makan telur untuk melengkapi protein pada makanan.

Putih telur mengandung protein tanpa lemak. Kuning telur, di sisi lain, mengandung sebagian besar lemak dengan beberapa protein.

Jadi, perhatikan bahwa memberi makan kuning telur kucing Anda akan meningkatkan kandungan lemak dari makanan mereka.

Bolehkah kucing makan telur yang dimasak?

Kucing bisa makan telur orak-arik atau telur rebus tanpa garam atau bumbu. Namun demikian, ada risiko menambahkan terlalu banyak lemak ke makanan kucing Anda.

Sebelum memberikan telur kepada kucing, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Orak-arik telur atau telur rebus yang mengandung kuning telur memiliki kandungan lemak yang meningkat, yang meningkatkan kandungan kalori, yang meningkatkan risiko kucing obesitas. Selain itu, makanan berlemak dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI) dan pankreatitis.


Memberi makan hanya putih telur yang direbus atau diacak akan mengurangi risiko ini. Putih telur hampir tidak mengandung lemak, menjadikannya sumber protein yang lebih baik untuk kucing Anda.

Apakah telur mentah baik untuk kucing?

Memberi makan telur mentah atau putih telur mentah ke kucing membawa risiko. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), memakan telur mentah atau putih telur mentah meningkatkan risiko terinfeksi bakteri yang disebut salmonella.

Salmonella dapat menginfeksi orang tua hewan peliharaan dan kucing mereka. Ini dapat menyebabkan gejala GI seperti muntah dan diare.

Bisakah anak kucing makan telur?

Anak kucing juga bisa makan telur orak-arik atau telur rebus, namun dalam jumlah sedikit. Telur tidak boleh menjadi satu-satunya sumber makanan anak kucing.

Anak kucing membutuhkan makanan yang lengkap dan diformulasikan untuk memastikan mereka memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh. Konsultasikan dengan dokter hewan sebelum memberikan telur kepada anak kucing.

Berapa banyak telur yang bisa dimakan oleh kucing?

Memberi makan putih telur dalam jumlah kecil atau sekitar 1 sendok makan selain makanan normal kucing dapat membantu menambah jumlah protein yang mereka makan.

Namun, kucing cenderung membutuhkan lebih sedikit makanan daripada yang kita kira, dan mereka umumnya pandai mengubah kalori ekstra menjadi lemak atau pound ekstra.

Penting agar kucing diberi makan makanan yang benar-benar seimbang. Sebelum menambahkan telur ke makanan kucing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/01/203047276/apa-kucing-boleh-makan-telur-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke