Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Rice Cooker yang Bau dan Membuat Nasi Cepat Basi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipakai untuk memasak dan menghangatkan nasi setiap hari, rice cooker dapat berpotensi mengalami masalah atau kerusakan.

Salah satu masalah umum yang dialami adalah munculnya bau dan membuat nasi di dalamnya menjadi cepat basi. 

Rice cooker yang bau dan membuat nasi di dalamnya menjadi cepat basi tentu menjadi hal yang tak diinginkan.

Jika rice cooker di rumah mengalami hal ini, berikut cara mengatasi rice cooker bau dan membuat nasi cepat basi dikutip dari kanal YouTube ISB_CHANNEL.

1. Perhatikan arus listrik ke rice cooker

Pastikan steker rice cooker tercolok ke stopkontak utama dengan sempurna demi mencegah bau dan membuat nasi basi. Jangan colokan steker rice cooker ke stopkontak bercabang. 

Semakin banyak percabangan, semakin membuat arus listrik yang mengalir ke rice cooker menjadi tidak stabil. Akibatnya, rice cooker tidak bekerja dengan optimal.

Jadi, colokan steker rice cooker langsung ke stopkontak utama. 

2. Buang sisa uap air di penampungan

Tampungan sisa uap air di rice cooker lama-kelamaan akan kotor dan mengendap sehingga bisa mengakibatkan bau meresap masuk ke rice cooker. Untuk itu, buang dan bersihkan tampungan uap air ini. 

Rice cooker bau terkadang disebabkan uap air yang meresap sampai ke bagian dalam tutup rice cooker. Oleh karena itu, segera bersihkan bagian ini.

Lap bagian dalam tutup rice cooker dengan kain lap bersih.

Apabila pinggiran tutup bagian dalam rice cooker terdapat karet, jangan lupa membersihkannya dengan sempurna agar uap yang kotor terserap di kain. 

Bersihkan juga bagian dalam rice cooker dengan teliti sampai bersih dari kotoran. Bersihkan juga teflon sebelum dipakai memasak nasi.

4. Cabut steker rice cooker setiap malam

Tips berikutnya adalah rutin mencabut steker rice cooker pada malam hari. Cabut steker rice cooker sekitar pukul 21.00-05.00. 

5. Gunakan daun pandan saat memasak nasi

Sebagai alternatif dalam menetralisir bau, gunakan daun pandan setiap kali memasak nasi di rice cooker. Cukup masukkan beberapa ikat daun pandan ke beras yang akan dimasak di rice cooker.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/11/171500276/cara-mengatasi-rice-cooker-yang-bau-dan-membuat-nasi-cepat-basi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke