Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Abu untuk Tanaman, Kendalikan Hama hingga Naikkan pH Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan salah satu faktor paling penting untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih sehat. Berbagai jenis pupuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman masing-masing.

Bahkan Anda juga bisa menemukan pupuk alami di sekitar lingkungan rumah, salah satunya abu kayu.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021), abu kayu adalah sumber kapur dan potasium yang sangat baik untuk tanaman. Pupuk abu kayu paling baik digunakan dengan menyebarnya secara langsung, atau dengan terlebih dahulu dikomposkan bersama dengan sisa kompos.

Ini karena abu kayu akan menghasilkan alkali dan garam jika basah. Dalam jumlah kecil, alkali dan garam tidak akan menyebabkan masalah, tetapi dalam jumlah yang lebih besar, alkali dan garam dapat membakar tanaman Anda.

Sementara itu, untuk memasukkannya ke dalam kompos, tambahkan seember abu kayu setiap beberapa minggu bersama dengan bahan lain seperti sisa bahan atau makanan dapur, daun dan bahkan beberapa pupuk kandang.

Aduk tumpukan kompos secara teratur untuk menganginkan isinya dan terjadi dekomposisi atau pembusukan pupuk. 

Hal yang harus diperhatikan, pengomposan menggunakan abu perapian memungkinkan adanya kandungan alkali dan garam larut.

Namun, tidak semua pupuk abu kayu sama. Jika abu perapian di kompos Anda dibuat terutama dari kayu keras, nutrisi dan mineral dalam abu kayu akan jauh lebih tinggi.

Jika abu kayu di kompos Anda sebagian besar dibuat dengan membakar kayu lunak seperti pinus atau cemara, akan ada lebih sedikit nutrisi dan mineral dalam abu.

Pengendalian hama dan pengubah pH

Abu kayu juga berguna untuk pengendalian hama. Garam dalam abu kayu akan membunuh hama pengganggu seperti siput dan beberapa jenis invertebrata bertubuh lunak.

Untuk menggunakan abu kayu sebagai pengendalian hama, cukup taburkan di sekitar pangkal tanaman yang terserang hama bertubuh lunak.


Jika abu menjadi basah, Anda perlu mengeringkan abu kayu karena air akan menghilangkan garam yang membuat abu kayu menjadi pengendalian hama yang efektif. Selain itu, penggunaan abu lainnya di kebun untuk mengubah pH tanah.

Abu kayu akan meningkatkan pH dan menurunkan asam dalam tanah.

Oleh karena itu, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menggunakan abu kayu sebagai pupuk pada tanaman yang menyukai asam seperti azalea, gardenia, dan blueberry.

Ada beragam tanaman yang dapat menggunakan pupuk abu kayu ini, seperti lavender, mawar, tanaman jeruk, hydrangea, daun bawang, bawang putih, dan selada. Namun beberapa tanaman seperti rhododendron, camelia, azalea, pierise, dan ericas

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/09/072800776/manfaat-abu-untuk-tanaman-kendalikan-hama-hingga-naikkan-ph-tanah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke