Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Kuning pada Gelas Kaca

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelas kaca menjadi salah satu perlengkapan minum favorit yang telah digunakan oleh banyak orang dari zaman ke zaman, namun ada masalah umum yang biasanya ditemukkan dalam penggunaan gelas kaca ini, yakni noda kuning yang sulit dibersihkan.

Noda kuning pada gelas kaca biasanya disebabkan oleh penyeduhan teh atau kopi yang dilakukan berulang, kemudian noda akan menumpuk dan menjadi meningglkan noda kuning.

Dilansir dari Hunker, Senin (7/6/2021), barang pecah belah kristal sama halusnya dengan keindahannya, karena mereka tidak tahan dengan pembersihan yang ketat.

Maka dari itu, untuk membersihkan barang pecah belah atau gelas yang menguning perlu dimulai dengan pembersihan ringan dan dilanjutkan ke pembersihan yang lebih intens setelahnya, simak langkahnya berikut ini.

1. Rendam semalaman

Agar noda terangkat, rendam gelas yang memiliki noda kuning tersebut semalaman. Untuk pembersihan secara maksimal, direkomendasikan penggunaan larutan setengah cuka putih dengan setengah air.

Tuangkan ke dalam gelas dan biarkan semalaman.

2. Cuci dengan sabun dan air hangat

Setelah direndam semalaman, cuci gelas dengan air hangat dan sabun pencuci piring, kemudian bilas, keringkan dan lap dengan kain katun lembut.

3. Ulangi perendaman

Jika noda masih ada, ulangi perendaman menggunakan bubuk pasta gigi. Caranya isi gelas dengan air dan tambahkan pasta gigi.

Rendam gelas semalaman, setelah semalaman, cuci gelas dengan sabun pencuci piring, bilas dan keringkan dengan kain katun.

3. Potongan lemon

Jika noda kuning tidak hilang juga, gunakan potongan lemon. Caranya potong lemon menjadi dua bagian, buang bijinya dan gosok perlahan ke gelas yang bernoda.

Kemudian, cuci gelas menggunakan larutan pencuci piring, bilas, dan keringkan.

4. Gunakan baking soda

Menghilangkan noda kuning pada gelas kaca juga bisa dilakukan menggunakan baking soda atau soda kue. Taburkan gelas dengan soda kue dan gosok menggunakan spons lembut.

Kemudian bilas gelas, jika masih ada sisa soda kue, bilas dengan air dingin dan cuka putih. Lalu keringkan menggunakan lap bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/07/105000576/cara-membersihkan-noda-kuning-pada-gelas-kaca

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke