Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih dan Mengatur Meja Kerja di Rumah Menurut Feng Shui

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja adalah salah satu lokasi terpenting menurut feng shui karena memengaruhi dan melambangkan karier Anda. Ini berlaku untuk ruang kerja di rumah, meja kerja, atau bilik di kantor.

Sangat penting untuk memperhatikan feng shui meja karena karier terhubung dengan jalan hidup Anda. Menurut feng shui, meja kerja adalah tujuan hidup Anda.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (3/6/2021), berikut adalah beberapa tips dan panduan feng shui di meja kerja untuk menarik keberuntungan dan kebahagiaan dalam pekerjaan dan kehidupan Anda.

Warna dan bahan meja kerja

Saat memilih meja, bahan dan warna sangat memengaruhi feng shui. Secara umum, meja kayu cokelat yang berat dan solid adalah yang paling stabil dan paling ideal dari semua bahan meja kerja.

Perhatikan juga apa yang membuat Anda tertarik sebelum membeli, karena Anda harus menyukai meja tersebut. Gabungkan warna dan bahan dari lima elemen sesuai dengan energi yang ingin Anda bawa ke dalam hidup.

Adapun meja kaca tidak direkomendasikan untuk feng shui. Sebab, meja kaca rapuh dan dapat menyebabkan kegagalan dalam karier.

1. Elemen tanah untuk stabilitas

Warna: Cokelat, kuning, oranye, atau netral
Bahan: Kayu atau kayu dicat, maupun komposit

2. Elemen logam untuk efisiensi dan kejelasan

Warna: Putih, abu-abu, dan metalik
Bahan: Logam, kayu atau komposit yang dicat

3. Elemen air untuk jaringan dan aliran

Warna: Hitam
Bahan: Logam atau kayu yang dicat

4. Elemen kayu untuk pertumbuhan dan aktivitas

Warna: Hijau dan biru
Bahan: Kayu atau komposit yang dicat

5. Elemen api untuk inspirasi dan ketenaran

Warna: Merah
Bahan: Kayu atau komposit yang dicat

Bentuk meja kerja menurut feng shui

Meja kerja tidak hadir dalam banyak bentuk yang berbeda, tetapi yang paling penting adalah meja sesuai dengan ruang.

Meja tidak boleh terlalu besar untuk ruangan kerja, tetapi tidak terlalu kecil sehingga Anda tidak memiliki cukup ruang untuk dokumen dan baramg lainnya.

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk meja kerja, Anda tidak akan dapat berkembang dalam hidup.

Meja persegi panjang, berbentuk “L”, dan berbentuk menyerupai ginjal adalah bentuk terbaik.

Meja berdiri masih dapat diterima.

Posisi terbaik meja kerja menurut feng shui

Posisi meja kerja sangat penting untuk feng shui yang baik. Prinsip titik terkuat atau command position penting di sini.

Artinya, saat duduk di meja kerja, Anda harus bisa melihat pintu tanpa harus sejajar dengan pintu. Biasanya ini diagonal, atau "kitty-corner," dari pintu.

Terkadang pengaturan ini tidak mungkin dicapai. Jika tidak ada cara untuk menempatkan meja kerja di posisi ini, Anda dapat menggunakan cermin untuk memperbaiki command position. 

Tempatkan cermin, seperti cermin cembung kecil, dan agar ketika Anda duduk di meja kerja, Anda dapat dengan mudah melihat pantulan pintu di cermin.

Selain itu, jika meja kerja sejajar dengan pintu, Anda dapat menggantung bola kristal feng shui di antara meja kerja dan pintu.

Benda yang diletakkan di meja kerja

Anda dapat meletakkan beberapa benda yang terinspirasi feng shui di meja kerja untuk membawa energi yang berbeda.

Berikut beberapa benda yang bisa Anda letakkan di meja kerja.

  • Tanaman hidup dan hijau untuk mengundang pertumbuhan. Pastikan ukurannya tepat dan dipilih untuk cahaya dan ruang yang Anda miliki di meja kerja.
  • Fluorit adalah salah satu kristal favorit. Ini sangat bermanfaat untuk fokus dan untuk memperluas kecerdasan Anda.
  • Mug keramik favorit, dengan alas yang kokoh dan tidak mudah roboh, yang mengundang energi perawatan diri dan stabilitas. Gunakan mug secara teratur dan jaga kebersihannya.

Pastikan meja kerja selalu rapi

Sangat membantu untuk menjaga meja Anda tetap teratur, tetapi kekacauan tidak selalu berarti feng shui yang buruk. Selama Anda terus bergerak dan meja kerja tidak menampung debu, kekacauan bisa menjadi tanda pergerakan dan aliran.

Di awal atau akhir hari kerja, luangkan beberapa saat untuk mengosongkan ruang. Kosongkan meja kerja dan kosongkan pikiran Anda.

Itu berarti mengatur dokumen, menyingkirkan barang-barang, dan lainnya. Saat Anda secara aktif memindahkan benda-benda di meja kerja, Anda akan bekerja dengan penuh semangat untuk mengatur pikiran.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/03/193800576/tips-memilih-dan-mengatur-meja-kerja-di-rumah-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke