Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencegah Alergi Bulu Hewan Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan hewan berbulu seperti anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan berarti Anda harus siap untuk mendapati berbagai bulu yang berjatuhan di dalam rumah. Mulai dari, karpet, sofa, hingga tempat tidur.

Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pemiliknya, terlebih lagi seseorang yang memiliki alergi pada bulu hewan. 

Dilansir dari Homestolove, Kamis (13/5/2021), ada beberapa cara untuk tetap bisa memelihara hewan tersebut tanpa khawatir terkena alergi. Nah, berikut ini cara mencegah alergi dari bulu hewan peliharaan. 

Membersihkan Teratur 

Selain merontokkan bulunya, anjing juga melepaskan sel kulit mati yang mengandung alergen. Untuk kucing, alergen dapat ditemukan di air liurnya dan dapat berpindah ke bulunya saat menjilat atau merawat dirinya sendiri. 

Mengingat kulit merupakan organ terbesar di tubuh hewan peliharaan, membersihkan bulu hewan secara teratur bukan hanya cara yang bagus untuk mengurangi kerontokan, melainkan juga cara untuk memeriksa benjolan yang tidak diinginkan yang mungkin memerlukan perhatian dokter hewan. 

Menjaga Kebersihan Rumah

Semakin banyak Anda membersihkan, semakin kecil kemungkinan memiliki kotoran, debu, serta bulu hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan sering berada di dalam ruangan, sebaiknya belilah penyedot yang dirancang untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan. 

Alat tersebut biasanya dilengkapi dengan sikat khusus yang lebih efektif dalam menghilangkan bulu hewan peliharaan yang lengket daripada penyedot debu biasa.

Memiliki hewan peliharaan membuat Anda harus menyedot debu dan mengepel lantai lebih sering dari biasanya.

Gunakan Air Purifier

Selain menjaga kebersihan rumah, memastikan kualitas udara dalam ruangan sebaik mungkin juga harus menjadi prioritas jika Anda menderita alergi. 

Penjernih udara tidak hanya dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan partikel debu, polusi, asap, dan racun di udara, tapi juga menghilangkan bau dan bulu sehingga sangat membantu jika Anda memiliki hewan peliharaan di dalam ruangan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/13/101000276/tips-mencegah-alergi-bulu-hewan-peliharaan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke