Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membuat Ventilasi Udara yang Baik di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah yang nyaman dan asri adalah impian banyak orang. Untuk mewujudkannya kamu bisa melakukan berbagai cara.

Misalnya, menggunakan desain interior yang tepat, memilih furnitur yang sesuai, dan menggunakan dekorasi yang sesuai dengan ukuran rumah.

Namun selain memperhatikan berbagai aspek estetika rumah, ksmu juga bisa mempertimbangkan aspek lain seperti aspek fungsional dari rumah. Aspek fungsional tersebut dapat mencakup jendela, ventilasi udara yang baik, dan berbagai pencahayaan di rumah.

Ventilasi udara yang baik juga akan memberikan sirkulasi udara yang baik di rumah. Ini bisa memberimu rasa nyaman saat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki ventilasi udara seperti dilansir dari The Garden Granny, Kamis (29/4/2021).

Untuk itu, ventilasi udara penting diperhatikan untuk menambah nilai plus dari properti milikmu. Dengan memiliki ventilasi udara yang baik, kamu dapat memberikan kenyamanan di dalam rumah.

Pasalnya, sirkulasi udara yang baik akan membuat kamu dan keluarga memiliki pernapasan yang sehat.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tanaman hias sebagai penyerap polusi udara di sekitar ventilasi udara rumah untuk menciptakan suasana yang lebih segar dan nyaman dalam konsep yang asri.

Berikut adalah beberapa tips membuat rumah menjadi sehat dengan ventilasi yang tepat

1. Cari tempat yang strategis untuk meletakkan ventilasi

Diperlukan ventilasi yang baik serta sirkulasi udara yang rapi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan sirkulasi udara yang rapi adalah dengan menciptakan tempat keluar masuknya udara.


Kamu dapat membuatnya di mana pun yang kamu inginkan. Yang terpenting, kamu harus membuatnya di tempat yang strategis agar udara bisa keluar dan masuk dengan benar.

Namun, pada interior rumah, nilai estetika juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Kamu dapat membuat pertukaran udara di jendela rumah.

Selain rapi, kamu juga bisa memfokuskan sirkulasi udara dengan baik pada bagian rumah yang menghadap langsung ke luar rumah. Ini akan memberimu nilai dekoratif sekaligus nilai fungsional di rumah.

2. Buat plafon tinggi di rumah

Membuat plafon yang tinggi dapat membantumu menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik di rumah. Hal ini dikarenakan ruang dalam rumah akan terasa lebih luas karena tingginya langit-langit rumah milikmu.

Selain memberikan sirkulasi udara yang baik, plafon yang tinggi juga bisa memberikan suasana sejuk. Ini karena suhu di bagian dalam rumah akan lebih stabil.

Bagaimanapun, udara tidak diam di satu tempat. Konsep ini bisa kamu gunakan untuk menciptakan interior rumah yang nyaman untukmu dan keluarga di rumah.

3. Gunakan furnitur dari bambu dan kayu

Selain menentukan tempat masuk dan keluarnya udara rumah dan menentukan desain interior, kamu juga bisa memperhatikan hal lain.

Misalnya, kamu juga bisa menciptakan sirkulasi udara yang baik dengan memilih desain dan material furnitur yang kamu gunakan.

Penggunaan material bambu, kayu, dan rotan di rumah dapat memberikan sirkulasi udara yang baik. Ini karena sifat materialnya yang mudah menyerap suhu udara di sekitarnya. Ini juga akan membuat sirkulasi udara di sekitarnya menjadi lebih baik.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan suasana interior yang lebih nyaman untuk beraktivitas di rumah.

4. Masukkan elemen air ke dalam rumah

Untuk anda yang ingin memberikan suasana sejuk pada interior rumah anda bisa menggunakan elemen air pada rumah. Unsur air akan memberikan kelembaban yang baik pada interior rumah.


Selain itu, kamu dapat membuat elemen air dalam berbagai bentuk sesuai dengan gayamu dalam mendekorasi.

Misalnya, kamu bisa membuat dekorasi dengan elemen air di rumah dalam berbagai bentuk. Kamu bisa meletakkan air mancur, akuarium atau kolam renang di rumah. Hal ini bisa memberikan suasana sejuk di rumah. Selain itu, sirkulasi udara di rumah akan semakin baik dan nyaman bagi kamu dan keluarga.

5. Tambahkan rongga di bawah atap rumah

Atap rumah biasanya menyerap panas dari luar dan mengalirkannya ke bagian dalam rumah. Hal ini seringkali membuat Anda dan keluarga tidak nyaman karena suhu udara yang terlalu tinggi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat rongga di atap. Ini akan memberi ruang bagi suhu udara menjadi lebih sejuk dan membuat interior rumah lebih nyaman.

Selain itu, hal ini juga dapat membuat udara di dalam rumah menjadi tidak terlalu panas. Dengan udara di dalam rumah yang tidak terlalu panas, kamu tentu akan merasa lebih nyaman melakukan segala aktivitas baik sendiri maupun bersama keluarga.

Agar interior rumah semakin nyaman, berikan sirkulasi udara yang cukup dengan rongga yang kamu buat pada atap rumah Anda

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/29/080200476/tips-membuat-ventilasi-udara-yang-baik-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke