Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menggunakan Pemutih untuk Membersihkan Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutih bukan hanya produk pembersih untuk pakaian. Faktanya, pemutih juga ampuh untuk membersihkan berbagai hal di kamar mandi Anda.

Pemutih adalah solusi pembasmi kuman untuk permukaan kamar mandi yang kotor. Dalam hal membersihkan kamar mandi, praktis harus berurusan dengan jamur dan bakteri.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (21/3/2021), pemutih dapat digunakan untuk menghilangkan kuman, membersihkan permukaan, dan menghilangkan bau di kamar mandi.

Namun, sebelum membersihkan kamar mandi dengan pemutih, penting untuk melakukan tindakan pencegahan keamanan. Anda tidak boleh menuangkan pemutih langsung ke saluran pembuangan karena dapat menyebabkan kerusakan pada pipa atau sistem septik.

Ingatlah untuk selalu bekerja di tempat yang berventilasi baik saat membersihkan dengan pemutih. Ini bisa berarti membuka jendela atau menyalakan kipas angin kamar mandi Anda.

Jauhkan hewan peliharaan dan anak-anak dari kamar mandi saat membersihkan dengan pemutih. Anda juga sebaiknya memakai sarung tangan karet untuk melindungi kulit Anda dari bahan kimia.

Selain itu, jangan pernah mencampur pemutih dengan amonia atau bahan pembersih lain karena dapat menimbulkan gas beracun.

1. Membersihkan kloset dengan pemutih

Bukan rahasia lagi bahwa kloset adalah benda paling kotor di kamar mandi. Namun demikian,  penting untuk menjaga kebersihan kloset untuk menjaga rumah tangga yang sehat.

Mulailah membersihkan mangkuk luar dan pegangan dengan beberapa semprotan larutan pembersih pemutih.

Untuk membuat larutan, campurkan 1 sendok makan pemutih dengan satu galon air panas, tuangkan sebagian larutan ke dalam botol semprot.


Jika Anda berencana untuk membersihkan seluruh kamar mandi, Anda dapat menggunakan sisa larutan untuk pembersihan menyeluruh, atau bagi resep untuk kelompok yang lebih kecil. Semprotkan larutan pemutih di toilet dan bersihkan dengan handuk kertas atau lap bersih.

Untuk membersihkan bagian dalam mangkok, semprotkan larutan pemutih ke dalam kloset di sekitar pinggiran, gosok dengan sikat kloset, dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

2. Membersihkan jamur kamar mandi dengan pemutih

Jamur yang keras dan noda jamur bisa diatasi dengan pemutih. Bersihkan area berjamur dengan pemutih 1: 1 untuk larutan air hangat.

Biarkan selama 5 menit, lalu gosok dengan sikat bulu dan bilas dengan air hangat. Biarkan mengering, pastikan untuk membuka jendela dan pintu sebagai ventilasi.

Setelah hilang, temukan cara untuk mencegah jamur dan lumut datang kembali.

3. Membersihkan nat lantai kamar mandi dengan pemutih

Anda juga bisa membersihkan nat menggunakan pemutih 1: 1 dengan campuran air hangat. Oleskan campuran pemutih ke nat dan diamkan selama 5 menit.

Gunakan sikat gigi atau sikat kecil lainnya untuk mencerahkan nat. Akhiri dengan bilas menyeluruh dengan air hangat sebelum mengeringkan udara.

Untuk alternatif pembersihan yang lebih lembut, gunakan baking soda untuk membersihkan garis nat.

Campurkan soda kue dan air untuk membuat pasta, dan gunakan sikat gigi untuk menggosok adonan pada nat. Akhiri dengan membilas campuran soda kue dari nat.


4. Membersihkan noda di kamar mandi dengan pemutih

Gunakan bubuk pemutih untuk membersihkan noda di wastafel atau meja dapur. Campur satu sendok makan bubuk pemutih dengan 1 galon air hangat dan aduk hingga larut.

Seka permukaan dengan larutan dan gosok noda membandel. Untuk noda membandel, biarkan campuran menempel di noda selama beberapa menit sebelum menggosok dengan sikat gigi atau sikat bulu. Bilas dengan air hangat.

5. Membersihkan tirai kamar mandi dengan pemutih

Sebelum membersihkan kamar mandi, turunkan tirai kamar mandi, lalu masukkan ke dalam mesin cuci dengan deterjen biasa dan setengah cangkir pemutih. Mencuci tirai kamar mandi dengan pemutih membunuh jamur dan menghilangkan pesanan.

Untuk mencegah tirai kamar mandi plastik berkerut di mesin cuci, tambahkan beberapa handuk ke dalam wadah. Keringkan tirai shower dan liner pada batang.

6. Membersihkan tempat sampah di kamar mandi dengan pemutih

Semprot tempat sampah kamar mandi Anda yang kosong dengan menggunakan botol semprot yang telah Anda isi dengan 1 sendok makan pemutih dan 1 galon air. Biarkan campuran pemutih selama 5-10 menit, lalu seka tempat sampah hingga kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/21/172634076/6-cara-menggunakan-pemutih-untuk-membersihkan-kamar-mandi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke