Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan feng shui yang merupakan filosofi Tiongkok kuno dapat memberikan energi baik ke dalam rumah. Penerapan feng shui dapat mencakup berbagai hal di dalam rumah, tanpa kecuali pintu kamar mandi.

Ada beberapa kondisi terkait pintu kamar mandi yang kurang baik menurut feng shui. Oleh sebab itu, Anda harus memahami kondisi tersebut dan solusinya.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (17/3/2021), berikut beberapa panduan dan tips feng shui terkait kondisi pintu kamar mandi di rumah.

1. Pintu kamar mandi menghadap ke pintu depan

Pintu kamar mandi menghadap ke pintu depan adalah feng shui yang buruk. Alasannya sederhana, energi sederhana atau chi masuk ke dalam rumah melalui pintu depan.

Apabila kamar mandi menghadap ke pintu depan, maka sebagian besar energi baik akan "melarikan diri" melalui kamar mandi. Akhirnya, hanya sedikit atau tidak ada feng shui bagus untuk memperkaya rumah Anda.

Ada beberapa tips untuk memperbaiki kemungkinan feng shui buruk terkait pintu kamar mandi yang menghadap pintu depan.

2. Pintu kamar mandi menghadap dapur

Ketika pintu kamar mandi menghadap dapur, maka ini adalah feng shui yang sangat buruk. Ketika dua pintu saling berlawanan, energi feng shui akan bergerak cepat keluar dan masuk ruangan yang dijaga pintu-pintu tersebut.

Solusinya adalah menciptakan sebanyak mungkin divisi antara kedua area. Ada beberapa tips yang dapat diikuti, yakni sebagai berikut.

3. Tempat tidur menghadap ke pintu kamar mandi

Menurut aturan umum feng shui, menempatkan tempat tidur menghadap ke pintu kamar mandi merupakan praktik yang buruk.

Ini sangat sulit untuk dihindari di beberapa kamar tidur, di mana pintu kamar mandi, pintu lemari, dan pintu keluar dapat membatasi pilihan Anda untuk memposisikan tempat tidur untuk feng shui yang optimal.

Jika tidak mungkin untuk menghindari hal ini, latihan feng shui meminta Anda untuk membuat semacam pembagian antara kamar mandi dan kamar tidur. Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan.

  • Selalu tutup pintu kamar mandi dan pintu kamar tidur.
  • Halangi aliran energi dari tempat tidur menuju kamar mandi dengan menggunakan tempat tidur yang memiliki bagian alas kaki (footboard) tinggi. Sebagai alternatif, perabot tinggi, seperti rak buku, juga bisa digunakan untuk fungsi ini. Bahkan layar tipis yang berdiri bebas dapat membantu memblokir aliran energi.
  • Temukan cara untuk memperkuat pintu kamar tidur dan melemahkan pintu kamar mandi. Anda dapat melakukannya dengan warna, misalnya, atau menemukan cara kreatif Anda sendiri untuk secara jelas menunjukkan pintu mana yang lebih penting dan perlu menarik lebih banyak energi. Tujuannya agar kamar tidur menjadi ruangan yang lebih bertenaga dibanding kamar mandi.
  • Pastikan tempat tidur tidak diletakkan di dinding yang sama dengan kamar mandi. Meskipun mengatur tempat tidur dengan cara ini dapat memastikan kaki tempat tidur tidak mengarah ke pintu kamar mandi, memposisikan kepala tempat tidur pada dinding pipa akan menciptakan feng shui yang buruk.
  • Jika Anda harus menggantung cermin di pintu kamar mandi, pastikan memilih cermin kecil.
  • Tingkatkan feng shui kamar mandi. Jaga kesegaran energinya dengan menggunakan lilin, penyebar atau kabut minyak esensial, dan karya seni untuk menciptakan rasa keindahan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kamar mandi yang meminimalkan kehilangan energi dan penarikan energi dari ruangan sekitarnya, termasuk kamar tidur Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/17/202300276/6-panduan-feng-shui-untuk-pintu-kamar-mandi-harus-selalu-ditutup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke