Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Harus Mengganti Peralatan Masak di Dapur? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang terjadi kegiatan sehari-hari, membuat dapur juga harus diperhatikan seperti area rumah lainnya.

Perhatiannya ini tak hanya terkait desain dapur, tata letaknya, ataupun kebersihannya, namun juga berkaitan dengan peralatan masak yang setiap harinya digunakan. Sama halnya dengan benda lain di dalam rumah, perlengkapan dapur juga memiliki batas masa pakainya.

Meskipun perlengkapan dapur harus diganti, namun terkadang tidak mudah untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

Dilansir dari NBC News, Selasa (26/1/2021), bahkan beberapa benda di dalam dapur harus rutin diganti setiap hari atau per minggu agar menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur seperti spons cuci piring.

Lantas, apa saja peralatan dapur yang harus diganti di dalam dapur dan berapa lama mereka memiliki jangka waktu pakai? Berikut ulasannya.

1. Lap dan spons cuci piring

Idealnya, kain lap piring dan spons harus diganti dalam jangka waktu seminggu hingga dua minggu sekali. Namun, sebenarnya Anda bisa mencuci handuk piring secara berkala dan mengeringkannya agar terhindar dari bakteri dan kuman yang menumpuk di dalamnya.

Untuk spons, semakin basah tempatnya atau wadah spons tersebut semakin banyak bakteri yang menumpuk, untuk itu harus diperhatikan meletakkan spons harus diletakkan di tempat yang kering.

Pencucian spons dengan air panas juga dapat meminimalisir perkembangan bakteri di dalamnya.

2. Talenan

Baik talenan kayu, plastik, atau batu yang harus diperhatikan adalah menggunakan satu talenan dengan satu bahan makanan yang akan diolah, misalnya talenan daging berbeda dengan talenan sayuran.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari kontaminasi silang yang bersumber dari berbagai bahan makanan berbeda. Lantas, seberapa jangka waktu talenan ini harus diganti?


Ganti talenan ketika sudah terlihat usang atau ada bagian yang rusak. Untuk membersihkannya, Anda bisa menambahkan pemutih klorin cair tanpa pewangi yang dicampur dengan air agar terhindar dari bakteri.

3. Rak bumbu dapur

Bagaimana dengan rak bumbu? Sebaiknya ganti rak ini sekitar delapan bulan hingga satu atau dua tahun sekali.

Rak bumbu yang sudah tidak layak atau usang tidak bisa menampung dengan baik berbagai bumbu seperti kunyit, lada hitam, dan jahe, karena akan kehilangan semua khasiatnya dan aromanya.

4. Peralatan

Peralatan adalah salah satu item dapur dengan frekuensi paling sering digunakan. Lantas, seberapa jangka waktu peralatan dapur harus diganti?

Jawabannya tergantung dari keadaan peralatan itu sendiri, namun rata-rata peralatan rumah tangga bertahan sekitar 10-15 tahun. Jika mengalami masalah sebelum jangka waktu tersebut, kemungkinan Anda harus memperbaikinya atau menggantinya.


5. Panci dan wajan

Untuk panci dan wajan biasanya akan bertahan sekitar 5 tahun untuk yang anti lengket. Jika keadaannya sudah mengelupas dan permukaannya yang berlubang harus segera diganti agar tidak memengaruhi fungsi dan kegunaannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/26/070500676/kapan-harus-mengganti-peralatan-masak-di-dapur-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke