Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Baking Soda

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena sangat sering dipakai, mesin cuci mudah menjadi kotor. Buih sabun menumpuk, hingga munculnya bau yang kurang sedap membuat kita harus membersihkan mesin cuci secara rutin

Mempelajari cara membersihkan mesin cuci sangat penting untuk mencegah bau, jamur, dan kotoran. Nah, untuk membersihkan mesin cuci, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur dan merupakan pembersih alami yang ampuh, yakni baking soda atau soda kue.

Dilansir dari Architectural Digest, Minggu (10/1/2021), berikut cara membersihkan mesin cuci dengan baking soda.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan antara lain baking soda, cuka putih, botol semprotan, kain mikrofiber, dan sikat gigi bekas.

2. Semprot mesin mesin cuci dengan cuka putih

Tuang cuka putih ke dalam botol semprot dan semprotkan ke bagian dalam tabung mesin cuci. Seka sekelilingnya dengan kain mikrofiber, tanpa meninggalkan permukaan yang tidak tersentuh.

Sebagai informasi, cuka putih adalah salah satu produk pembersih alami terbaik. Cuka dapat menghilangkan residu, penumpukan, dan sisa minyak dengan mudah.

3. Seka sekitar gasket karet

Jangan lupa, gasket karet atau segel di sekitar pintu mesin cuci juga membutuhkan perhatian yang serius. Saat Anda mengelap di sekitar gasket, Anda mungkin akan menemukan buih, jamur, dan bahkan rambut.

4. Tuang cuka putih ke dispenser deterjen dan operasikan mesin cuci dengan air panas

Takar dua cangkir cuka putih dan tuangkan langsung ke dispenser deterjen mesin cuci. Atur mesin cuci untuk menjalankan siklus terpanjangnya pada suhu terpanas atau air panas.

5. Tambahkan baking soda ke dalam tabung mesin cuci

Taburkan setengah cangkir baking soda langsung ke dalam tabung mesin cuci dan nyalakan dengan pengaturan yang sama, yakni siklus pencucian terpanjang dan terpanas.

6. Seka pintu dan bagian depan mesin cuci

Semprotkan cuka ke kain mikrofiber dan bersihkan bagian luar dan dalam pintu mesin cuci hingga bersih. Lanjutkan ke sepanjang bagian depan mesin, pastikan Anda juga membersihkan kenop dan panel kontrol.

7. Biarkan pintu terbuka dan mesin cuci kering

Jauhkan jamur dan lumut dengan membiarkan pintu terbuka dan biarkan mesin mengering secara alami atau seka dengan kain mikrofiber kering.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan

1. Tuang cuka ke mesin cuci dan mulai siklus pencucian

Atur mesin cuci untuk bekerja pada pengaturan tertinggi dan terpanas. Tambahkan empat cangkir cuka dan nyalakan.

Setelah diisi dan hampir selesai, jeda mesin cuci dan diamkan air dan cuka selama satu jam.

2. Seka pintu dan bagian lain mesin cuci

Sementara Anda menunggu, Anda dapat menangani permukaan mesin cuci. Semprotkan cuka ke kain mikrofiber dan usapkan di sepanjang bagian atas dan bawah penutup, bagian samping, dan bagian depan mesin cuci.

3. Bersihkan dispenser deterjen dan pelembut

Dispenser deterjen dan pelembut pada mesin cuci membutuhkan perhatian ekstra. Sikat gigi akan berguna untuk benar-benar menggosok bukaannya dan membuatnya segar dan bersih.


4. Jalankan siklus pencucian dengan baking soda

Setelah siklus pertama berakhir, tuangkan secangkir soda kue dan hidupkan kembali mesin cuci Anda untuk siklus yang lebih kuat namun masih pada pengaturan terpanas atau tertinggi.

5. Biarkan pintu mesin cuci tetap terbuka

Cara termudah membuat bagian dalam mesin cuci kering adalah dengan tetap membukanya sampai kering, atau Anda bisa menyekanya dengan kain mikrofiber kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/10/174500576/simak-cara-membersihkan-mesin-cuci-dengan-baking-soda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke