Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Terbaik untuk Memasang CCTV di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - CCTV merupakan sebuah perangkat keamanan yang sangat penting dan perlu dimiliki di rumah, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan besar dan rawan kejahatan.

Di zaman sekarang ini, keselamatan dan keamanan telah menjadi salah satu masalah yang penting diperhatikan. Setiap tingkat keamanan harus ada, sehingga CCTV adalah salah satu tindakan terbaik dan paling efektif. 

Anda disarankan memasang CCTV di rumah untuk memantau kondisi rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Ada banyak manfaat memasang CCTV di rumah, mulai dari mencegah penyusup yang tidak diinginkan hingga memindai pemandangan setelah peristiwa yang tidak menguntungkan. Pemasangan CCTV bisa sangat membantu Anda dan keluarga. 

Namun, Anda harus memastikan bahwa CCTV dipasang di tempat yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaannya.

Pada artikel ini, ada 7 tempat terbaik untuk memasang CCTV di rumah, dilansir beberapa sumber. 

1. Area pintu masuk rumah

Kebanyakan tamu, baik diundang atau tidak, memasuki rumah melalui pintu depan. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk memasang CCTV di pintu depan.

Pasang di ketinggian sehingga tidak ada yang bisa merusaknya. Jika rumahmu bertingkat, pasang di lantai dua, tetapi arahkan ke pintu masuk rumah.

Jika rumah Anda tidak memiliki lantai dua, pasang CCTV pada ketinggian yang terjangkau, dan pastikan kamu memasang tutup pelindung di sekelilingnya. Casing logam berfungsi dengan baik dan mencegah orang merusak kamera CCTV.

2. Pintu belakang

Semua pintu masuk ke rumah harus memiliki sistem pengawasan CCTV. Jadi, jika Anda memiliki pintu belakang rumah, pastikan memasang CCTV di sana juga.

Tujuannya adalah untuk memantau setiap orang yang mencoba memasuki rumah. Sama seperti pintu depan, untuk pintu belakang juga, CCTV tidak boleh ditempatkan pada ketinggian yang terjangkau.

Coba tempatkan lebih tinggi atau tutupi. Jika ada pembobolan, atau bahkan upaya masuk melalui pintu belakang, rekaman dari CCTV bisa sangat membantu. 

3. Jendela belakang

Daripada menempatkan CCTV di jendela yang menghadap ke jalan dan sangat terlihat, pasanglah di jendela belakang rumah.

Dengan cara ini, CCTV akan berada di tempat yang tidak terlalu mencolok. Jadi, jika seseorang mencoba berbuat hal yang tak diinginkan, mereka tidak akan tahu tentang keberadaan CCTV.

Ini akan membantu Anda berjaga-jaga dan mencegah terjadinya peristiwa yang tidak menguntungkan. Atau bahkan jika itu terjadi, pihak berwenang akan dapat menangkap pelakunya dengan rekaman dari CCTV 'tersembunyi'.

4. Bagian atas tangga

Jika rumah Anda memiliki beberapa tingkat, pasang sistem CCTV nirkabel atau yang biasa di bagian atas tangga. Pasang di tempat di mana sebagian besar tingkat bawah terlihat.

Anda bisa mendapatkan rekaman ruang tamu, dapur, dan bahkan mungkin beberapa pintu masuk ruangan jika CCTV dipasang pada sudut yang benar di atas tangga.

Jika tidak ada lantai yang lebih tinggi, pasang CCTV di dekat langit-langit ruang tamu. Anda bisa mengetahui siapa yang masuk dan keluar dari semua kamar karena di sebagian besar rumah, ruang tamu terhubung ke semua kamar lain.

5. Kamar tidur anak

Anak-anak menghadapi risiko yang besar dalam hal yang mengancam diri mereka. Jadi, pasang kamera CCTV terbaik di kamar tidur anak dan awasi selalu.

Anda kemudian dapat memantau anak dan kondisinya dari aplikasi pemantau. 

Jika Anda meninggalkan anak-anak endirian di rumah dengan bantuan asisten rumah tangga atau baby sitter, Anda pasti perlu memasang CCTV. Anda kemudian dapat mengetahui seberapa baik anak diperlakukan selama Anda tidak ada dan mengambil tindakan jika diperlukan.

6. Halaman belakang atau gerbang pagar belakang

Tempatkan halaman belakang rumahtersebut dengan lampu sorot, sensor gerak serta kamera pengintai night vision untuk melindungi rumah dan barang-barang. 

Jika halaman belakang rumah Anda dipagari, pastikan kamera CCTV memiliki pandangan langsung ke gerbang masuk atau dengan memasang kamera tambahan pada gerbang belakang tersebut.

7. Garasi

Jika rumah Anda memiliki garasi, ada baiknya jika kamera CCTV juga diletakkan di sana. Sebab, tempat tersebut kerap menjadi incaran para pencuri dikarenakan terdapat kendaraan yang sangat mudah untuk di curi.

Kamera CCTV pada garasi harus mampu mengcover jalan masuk dan bagian dalam garasi.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/20/094000476/7-tempat-terbaik-untuk-memasang-cctv-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke