Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin menanam cabai terlihat lebih sederhana daripada menanam tanaman hias lainnya, namun kenyataannya beberapa orang gagal dalam menanam tanaman cabai.

Keluhannya beragam, mulai dari cabai yang mengering, rontok, hingga mati.

Dilansir dari Chili Plant, Sabtu (12/12/20) ada beberapa faktor yang menyebabkan cabai tidak berkembang.

Kelebihan Air

Cabai yang memiliki kelembaban berlebih akan menyebabkan daunnya rontok. Untuk memeriksa kelembaban tanaman ini baik atau tidak, Anda bisa memasukkan jari ke dalam tanah, jika terasa basah artinya tanaman cabai terlalu banyak air.

Genangan air menyebabkan akar cabai cepat busuk.

Kekurangan Air

Kekurangan air dalam penyiraman juga dapat menjadi masalah bagi tanaman cabai ini. Kekurangan air dapat menyebabkan tanaman cabai kering, serta daun layu, dan akhirnya mati.

Untuk mencegahnya, sirami sesekali jika terlihat tanah sudah mengering.

Kurang Sinar Matahari

Yang harus diketahui adalah cabai tidak suka cuaca dingin dan gelap, sehingga harus terkena sinar matahari minimal 9 jam. Lingkungan yang terlalu gelap dapat merontokkan daunnya.

Pupuk Berlebih

Pemupukan yang berlebih dapat menyebabkan tanah kering dan nutrisi dapat berkurang sehingga dapat merusak akarnya. Biasanya tanda-tanda cabai mengalami kelebihan pupuk daunnya akan menggantung dan rontok.

Hama

Periksa tanaman cabai dengan cermat untuk melihat apakah ada hewan kecil di atasnya. Khususnya bagian bawah daun harus diperiksa dengan seksama.


Jika menemukan serat halus yang berputar saat menyemprot tanaman dengan air, berarti ada laba-laba yang bersarang dan harus ditangani dengan baik.

Penyakit Jamur, Bakteri dan Virus

Infestasi mikroorganisme berbahaya seringkali dapat dikenali dari noda. Bintik kuning, coklat atau hitam dengan garis tepi yang tajam menunjukkan masalah yang lebih besar. Jika penyakit tanaman menyebar, daun akan rontok.

Satu-satunya solusi biasanya adalah menyemprotkan pestisida: fungisida melawan jamur, bakterisida melawan bakteri dan virucides melawan virus.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/12/173500176/mengapa-tanaman-cabai-menguning-dan-rontok-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke