Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips dan Trik Memilih Warna Cat Dinding agar Rumah Lebih Cerah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah cahaya di rumahmu bergantung pada beberapa faktor, yakni lokasinya dalam kaitan dengan matahari, ukuran jendela, dan tentu saja, pada dekorasi.

Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan bagaimana kamu dapat menggunakan warna untuk membuat setiap ruangan di rumahmu tampak lebih cerah.

Saat ini, ada solusi pencahayaan buatan yang menarik untuk hampir semua ruangan di rumah yang bisa kamu terapkan.

Dilansir dari Decortips, Jumat, (27/11/2020), kamu dapat menemukan pencahayaan sesuai seleramu yang juga dapat dimasukkan ke dalam gaya rumahmu.

Namun, saat membuat rumah yang cerah, penting untuk mempertimbangkan warna kamarmu. Warna gelap bisa menimbulkan kesan suram, sedangkan warna yang lebih cerah akan memperkuat dan memantulkan cahaya alami.

Cara menggunakan warna putih untuk mencerahkan rumahmu

Efek warna putih di sebuah ruangan cukup jelas. Putih mudah dipadukan dengan warna lain dan sangat cocok di hampir semua ruang.

Kamu dapat menggunakannya dalam dekorasi tertentu, atau dapat menggunakannya sebagai warna dominan dalam suatu ruangan.

Putih juga merupakan warna yang sangat reflektif. Saat cahaya jatuh ke warna putih, ia memantulkan ke seluruh ruangan dan secara nyata meningkatkan kecerahannya. Warna putih benar-benar dapat membuat ruangan berkilau, terutama jika kamu menggunakannya di dinding.

Ada berbagai corak putih, beberapa di antaranya menciptakan lebih banyak cahaya. Putih pucat adalah contoh yang bagus. Bayangan ini membawa rasa hangat dan damai pada suatu ruang.

Menggunakan warna putih untuk mendekorasi rumah mu adalah cara yang bagus untuk menghadirkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan.


Cara menggunakan warna-warna hangat untuk mencerahkan rumahmu

Meskipun putih adalah warna yang paling sempurna untuk cahaya, kamu juga perlu mengetahui warna lain yang dapat kamu gunakan untuk membuat rumahmu lebih terang.

Karena sangat penting untuk menghindari warna yang gelap dan kusam, berikut beberapa warna hangat yang bisa kamu gunakan seperti di bawah ini.

1. Mustard

Mustard adalah warna yang cukup berani, tidak terlalu tajam dan cukup menarik. Warna ini juga memantulkan cahaya dengan sangat baik. Jika kamu memadukan mustard dengan furnitur berwarna putih atau tanah, kamu dapat menciptakan ruang yang tenang dan tenteram.

2. Salmon

Salmon juga menjadi warna hangat, kalem, dan lembut. Jika kamu ingin menggunakan salmon dalam dekorasimu, yang terbaik adalah memilih warna yang lebih terang, lebih pucat, karena warna lain dapat terlihat jauh lebih kusam.

3. Jingga

Jingga adalah warna yang lebih hangat dan muda yang bisa menghidupkan indramu. Saat bersentuhan dengan cahaya, warna jingga dapat membawa rasa hangat ke suatu ruang.

Faktanya, warna yang kuat ini menciptakan cahaya bahkan dengan sendirinya dan dapat menjadi pusat perhatian di ruang mana pun.

4. Kuning

Terakhir, kita tidak bisa melupakan kuning, warna lain yang cukup mencolok yang jelas menonjol di antara dekorasi lainnya. Namun, karena kuning sangat cerah dan kuat, warna kuning sulit dipadukan dengan warna lain.

Gunakan warna biru untuk mencerahkan rumahmu

Ada banyak warna biru yang berbeda, tetapi jika kamu mencari warna untuk mencerahkan rumahmu, warna itu harus biru langit. Dengan menggunakan warna yang lembut dan halus ini, kamu dapat dengan mudah menciptakan ruang yang nyaman dan damai.

Biru langit adalah warna yang sangat jernih yang memantulkan cahaya alami. Dengan menggunakannya untuk mendekorasi dinding rumahmu, kamu dapat dengan mudah menciptakan perasaan segar dan tenang.

Sangat umum menggunakan nuansa biru untuk menciptakan kontras warna pada bantal, karpet, selimut, dan tirai. Namun, untuk memastikan bahwa semua dekorasimu serasi, sebaiknya gunakan warna biru di dindingmu. Ini memastikan gaya interiormu konsisten di seluruh rumahmu.

Mencapai keseimbangan yang tepat antara cahaya dan warna dapat menciptakan tampilan yang indah.

Cara menggunakan warna pastel untuk mendekorasi rumahmu

Saat ingin memberikan tampilan baru pada rumahmu dengan menggunakan warna yang membuat ruangan di rumahmu tampak lebih cerah, warna pastel dapat melakukannya dengan sempurna.

Ada banyak warna pastel berbeda untuk dipilih dan masing-masing dapat menciptakan tampilan yang berbeda, sekaligus juga berkoordinasi dengan dekorasi lainnya.

Kamu dapat menciptakan cahaya buatan dan alami menggunakan warna-warna pastel. Mereka dapat membuat ruangan terasa damai, tanpa terlalu mencerahkan ruangan.

Pastel juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan memiliki perasaan positif. Faktanya, pada hari yang mendung dan gelap, pastel dapat memberikan kesan jernih ke dalam rumahmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/27/120100776/tips-dan-trik-memilih-warna-cat-dinding-agar-rumah-lebih-cerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke