Coca-Cola Indonesia Nyatakan Produknya Aman

Kompas.com - 12/03/2012, 13:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Menanggapi keputusan negara bagian California, Amerika Serikat, yang mewajibkan produsen minuman Coca-Cola dan Pepsi untuk mengubah zat pewarna karamel dalam produk yang beredar di negara bagian tersebut, pihak Coca-Cola Indonesia menyatakan bahwa produk mereka aman untuk dikonsumsi.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, mereka menyatakan penggunaan pewarna karamel dalam produknya telah diijinkan oleh berbagai otoritas kesehatan di seluruh dunia, termasuk BPOM RI.

"Kami tidak sependapat dengan keputusan Negara Bagian California yang mewajibkan pencantuman label peringatan pada produk-produk makanan yang mengandung jejak 4-MEI, yang memang umumnya terbentuk dalam proses pemasakan sejumlah jenis makanan dan minuman – termasuk karamel," tulis mereka.

Mereka juga mengatakan berbagai penelitian yang ada selama ini menunjukkan tidak adanya risiko kesehatan, baik di negara bagian California atau di mana pun di seluruh dunia.

Sebelumnya diberitakan sebuah kelompok advokasi publik di Amerika Serikat mengirimkan petisi untuk meminta FDA melarang penggunaan 4-MEI, dalam produk minuman soda karena dianggap karsinogenik.

"Perlu kami tegaskan bahwa perubahan yang dilakukan ini tidak akan berpengaruh terhadap produk kami," katanya.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X