Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Bersenjata di Dunia pada 2023 Terbanyak sejak Perang Dunia II

Kompas.com - 11/06/2024, 19:44 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

OSLO, KOMPAS.com - Konflik-konflik bersenjata yang terjadi di seluruh dunia pada 2023 adalah yang terbanyak dibandingkan tahun-tahun lainnya sejak Perang Dunia II.

Studi dari Institut Penelitian Perdamaian Oslo (PRIO) di Norwegia yang diterbitkan pada Senin (10/6/2024) menyebutkan, tahun lalu terjadi 59 konflik bersenjata yang 28 di antaranya terjadi di Afrika.

Namun, jumlah negara yang mengalami konflik menurun dari 39 pada 2022 menjadi 34 pada tahun lalu.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas akibat Perang di Gaza Capai 37.084 Orang

Jumlah kematian dalam pertempuran juga berkurang setengahnya menjadi sekitar 122.000 dari tahun sebelumnya, menurut data yang dikumpulkan Universitas Uppsala Swedia dari sejumlah LSM dan organisasi internasional.

Akan tetapi, angka itu tetap yang tertinggi ketiga sejak 1989. Perang di Ukraina dan Gaza menjadi yang terbanyak memakan korban.

"Kekerasan di dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa sejak berakhirnya Perang Dingin," kata Siri Aas Rustad, peneliti PRIO dan penulis utama laporan yang meliput tren selama periode 1946-2023.

"Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa lanskap konflik menjadi semakin kompleks, dengan lebih banyak aktor konflik yang beroperasi di negara sama," jelasnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga:

Menurut PRIO, sebagian peningkatan jumlah konflik terkait dengan penyebaran ISIS di Asia, Afrika, dan Timur Tengah, serta gerakan-gerakan yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

"Perkembangan ini membuat orang-orang seperti di kelompok bantuan dan organisasi masyarakat sipil semakin sulit mengendalikan lanskap konflik dan meningkatkan kehidupan masyarakat," imbuh Rustad.

Meskipun angka kematian akibat pertempuran menurun tahun lalu, jumlah yang terakumulasi selama tiga tahun terakhir adalah tertinggi selama periode tiga tahun dalam 30 tahun.

Adapun tahun lalu 28 konflik bersenjata tercatat di Afrika, diikuti Asia dengan 17, Timur Tengah sebanyak sepuluh, ada tiga di Eropa, dan satu di benua Amerika.

Baca juga: China Uji Coba Rebut Taiwan dalam Lanjutan Latihan Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com