Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saldo Tiba-tiba Tambah Rp 103 Juta, Perempuan Ini Jujur Cari Orang yang Salah Transfer

Kompas.com - 11/06/2024, 18:39 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kisah perempuan jujur asal "Negeri Jiran" yang berupaya mengembalikan uang hasil salah transfer dengan nominal cukup banyak ke rekeningnya baru-baru ini viral di Malaysia.

Sebagaimana dilansir World of Buzz pada Senin (10/6/2024), kisah itu viral setelah diunggah oleh pengguna akun @irriananana di media sosial X atau sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pengguna akun tersebut mengaku belum lama ini menerima sejumlah besar uang yang ditransfer ke rekening banknya.

Baca juga: PRT di Thailand Ini Ternyata Belum Pasti Akan Terima Warisan Rp 43,5 Miliar dari Majikan yang Bunuh Diri, Kok Bisa?

Besarnya yakni mencapai 30.000 ringgit Malaysia (sekitar Rp 103 juta).

Dalam postingannya, perempuan itu menceritakan bagaimana dia menerima sejumlah besar uang yang secara tidak sengaja ditransfer ke rekening banknya tanpa mengetahui dari mana asalnya.

Irriana menjelaskan, setelah menerima 30.000 ringgit Malaysia, ia sempat memutuskan untuk menunggu selama dua pekan dengan harapan si pengirim bisa mengeklaim uang tersebut.

Namun, ia tak menerima tanggapan dan akhirnya mengambil tindakan sendiri dengan melacak pemiliknya.

"Seseorang secara tidak sengaja mentransfer 30.000 ringgit kepada saya. Saya menunggu dua  minggu sampai ada yang mengklaimnya, tapi akhirnya saya harus melacak pemiliknya sendiri," ungkapnya.

Irriana bahkan sempat berinisiatif untuk membuat rekening baru dan memindahkan uang tersebut ke rekening itu untuk menghindari godaan memanfaatkannya.

Ia melanjutkan, setelah menunggu selama sebulan penuh untuk menemukan pemilik uang tersebut, ia akhirnya berhasil menghubunginya.

Baca juga: Majikan Ditemukan Meninggal, PRT Ini Sebut karena Bunuh Diri dan Diwarisi Rp 43,5 Miliar

Pemiliknya menjelaskan bahwa dia salah memasukkan rincian nomor rekening yang salah sehingga uang tersebut malah ditransfer ke rekeningnya.

"Saya meminta tanda terima, jumlah transfer, identitasnya, kapan dan jam berapa, dan kami melakukan transaksi dengan kesepakatan. Saya merasa kasihan dan khawatir jika itu adalah uang orang tua yang akan digunakan untuk naik haji, uangnya akan dibekukan," jelanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com