Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat yang Ditumpangi Wakil Presiden Malawi Hilang sejak Senin

Kompas.com - 11/06/2024, 07:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

LILONGWE, KOMPAS.com - Pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima, dan sembilan orang lainnya hilang pada Senin (10/6/2024).

Diketahui, pesawat tersebut gagal mendarat di Mzuzu, hampir 300 km utara, pada waktu yang dijadwalkan yaitu pukul 10.02 pagi.

Terkait hal itu, Presiden Malawi Lazarus Chakwera telah meminta bantuan internasional untuk menemukan pesawat tersebut.

Baca juga: Topan Freddy Tewaskan 100 Orang Lebih di Malawi dan Mozambik

Dr. Lazarus Chakwera menggunakan pidato nasional dari Istana Kamuzu untuk meminta bantuan dari AS, Israel, Inggris dan mitra pembangunan lainnya serta negara-negara tetangga setelah pesawat pasukan pertahanan “kehilangan radar” ketika meninggalkan ibu kota Lilongwe pada pukul 09.17 waktu setempat.

Sebagaimana diberitakan The Guardian pada Selasa (11/6/2024), Presiden menyerukan doa bagi para penumpang dan mengatakan ia berharap menemukan korban selamat, dan mengarahkan bahwa pencarian oleh Angkatan Pertahanan Malawi harus dilanjutkan sepanjang malam.

"Sejauh ini semua upaya otoritas penerbangan dilakukan untuk kontak dengan pesawat sejak hilang dari radar," kata pernyataan sebelumnya dari kantor kepresidenan.

Meski demikian, pernyataan itu tidak merinci jenis pesawat tersebut.

Saulos Chilima (51) dijadwalkan menghadiri pemakaman Ralph Kasambara, mantan menteri kehakiman dan jaksa agung, di Desa Chijere, sebelah timur Mzuzu.

Sedangkan Kasambara (55) ditemukan meninggal setelah menderita gagal jantung Jumat lalu, menurut posting Facebook pemerintah.

Baca juga: Pesawat Jatuh, 6 Penerjun dan 1 Pilot Berhasil Selamatkan Diri

Malawi sedang mengalami hujan lebat di beberapa wilayah negaranya, terutama bagian utara.

Diketahui, Saulos Chilima telah menjadi wakil presiden negara Afrika bagian selatan itu sejak tahun 2014.

Dia sebelumnya memimpin jaringan seluler Airtel Malawi, serta bekerja di Unilever, Coca-Cola dan Carlsberg, menurut profilnya di situs web pemerintah.

Chilima sudah menikah dan memiliki dua anak. Ia menerima gelar PhD dalam bidang manajemen pengetahuan dari Universitas Bolton.

Dikutip dari AFP, Presiden Malawi Lazarus Chakwera mengatakan bahwa pesawat gagal mendarat karena cuaca buruk.

Mantan ibu negara Malawi Shanil Dzimbiri (Muluzi) juga ikut serta dalam pesawat tersebut.

"Setibanya di Mzuzu, pilot tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca buruk, dan otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe, tetapi pihak berwenang segera kehilangan kontak dengan pesawat tersebut," jelas Chakwera.

Baca juga: Presiden Malawi Pecat Seluruh Kabinetnya karena Korupsi

"Tentara masih berada di lapangan untuk melakukan pencarian dan saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat itu ditemukan," tegas dia seraya menambahkan bahwa tentara akan memberikan informasi terkini secara rutin kepada masyarakat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com