Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Air Terjun Tertinggi di China, Disebut Mengalir dari Pipa

Kompas.com - 10/06/2024, 10:05 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

YUNTAI, KOMPAS.com - Kontroversi mengenai air terjun telah menjadi perdebatan sengit di media sosial China, bahkan mendorong penjelasan dari pihak pengelola.

Seorang pendaki mengunggah video yang memperlihatkan aliran air dari Air Terjun Gunung Yuntai—yang disebut sebagai air terjun tertinggi dan tunggal tanpa terputus di China—ternyata berasal dari pipa yang dibangun di celah permukaan batu.

Video tersebut telah disukai lebih dari 70.000 kali sejak kali pertama diunggah pada Senin (3/6/2024).

Baca juga: Fenomena Langka Air Terjun Api di California

Pengelola taman wisata Yuntai mengatakan bahwa mereka membuat "sedikit peningkatan" selama musim kemarau sehingga pengunjung merasa perjalanan mereka ke sana sepadan.

"Video tentang bagaimana melalui semua kesulitan menuju sumber Air Terjun Yuntai hanya untuk melihat pipa," tulis keterangan video yang diunggah pengguna "Farisvov".

Topik mengenai "asal-usul Air Terjun Yuntai hanyalah berupa pipa" menjadi viral di media sosial.

Video tersebut telah disaksikan lebih dari 14 juta kali di Weibo dan hampir 10 juta kali di Douyin—yang menyebabkan kegemparan hingga pejabat setempat dikirim ke taman wisata Yuntai untuk melakukan penyelidikan.

Mereka meminta operator untuk belajar dari peristiwa tersebut dan menjelaskan "peningkatan" itu kepada wisatawan sebelumnya, menurut penyiar televisi CCTV.

Baca juga: Mobil Meledak Dekat Air Terjun Niagara, Perbatasan AS-Kanada Ditutup

Air yang mengalir keluar dari pipa terlihat di puncak gunung Yuntai dalam video. DOUYIN via BBC INDONESIA Air yang mengalir keluar dari pipa terlihat di puncak gunung Yuntai dalam video.
"Sedikit bantuan untuk teman-teman saya"

Pengelola taman wisata Yuntai kemudian mengunggah foto yang mengatasnamakan air terjun itu dengan menuliskan: 'Saya tidak menyangka akan bertemu semua orang dengan cara seperti ini'.

"Sebagai pemandangan musiman, saya tidak bisa menjamin bahwa saya akan terlihat sempurna setiap kali Anda datang," sambungnya.

"Saya membuat sedikit perubahan di musim kemarau hanya supaya saya bisa tampak sangat baik saat bertemu teman-teman saya."

Terletak di Provinsi Henan, air terjun Yuntai yang memiliki ketinggian 312 meter itu berada di kawasan Geopark Gunung Yuntai, salah satu Geopark Global UNESCO.

Jutaan pengunjung datang ke sana setiap tahun karena tertarik oleh formasi geologi yang berasal lebih dari satu miliar tahun yang lalu.

Pengelola taman wisata mengatakan kepada stasiun televisi CCTV bahwa air yang mereka gunakan untuk memompa air ke air terjun itu berasal dari mata air, sembari menambahkan bahwa air itu tidak akan merusak pemandangan alam.

Banyak pengguna media sosial tampaknya memahami situasi tersebut.

Baca juga: Video Viral Air Terjun dari Atas Apartemen, Timpa 6 Mobil sampai Penyok

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com