Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Meletus di Islandia Muntahkan Lava Setinggi 50 Meter

Kompas.com - 30/05/2024, 11:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

REYKJAVIK, KOMPAS.com - Gunung berapi di Islandia meletus dan memuntahkan lava setinggi sekitar 50 meter pada Rabu (29/5/2024).

Dikutip dari ABC News pada Kamis (30/5/2024), letusan terjadi di kawah semenanjung Reykjanes di barat daya Islandia.

Karena bencana itu, pihak berwenang kemudian mengevakuasi warga, termasuk yang ada di objek wisata terbesar di negara itu, spa panas bumi Blue Lagoon.

Baca juga: Gunung Berapi Islandia Kembali Meletus, Ini yang Ketiga sejak Desember

Dengan letusan ini menandai letusan kelima dan terkuat di wilayah tersebut sejak Desember dan kedelapan sejak sistem vulkanik aktif tiga tahun lalu pada Maret 2021 setelah tidak mengalami letusan selama 800 tahun.

Sebagian besar dari 4.000 penduduk Grindavik dievakuasi secara permanen pada November 2023 karena aktivitas gunung berapi yang sedang berlangsung.

Grindavík terletak sekitar 48 km di selatan ibu kota Islandia, Reykjavik.

Diketahui, letusan dimulai sekitar pukul 12.46 waktu setempat pada hari Rabu, yang memicu aliran lava yang cukup deras di sekitar gunung berapi Hagafell ke timur dan kemudian ke selatan menuju tambang Melhólsnáma, menurut Kantor Meteorologi Islandia (IMO).

Letusan lava mencapai ketinggian 50 meter dan panjang retakan sekitar 3,2 km.

Sedangkan laju ekstrusi, atau laju aliran lava, diperkirakan mencapai 1.500-2.000 meter kubik per detik, menurut IMO.

Badan tersebut memperingatkan bahwa lava yang mengalir dari celah paling selatan sekarang berjarak kurang dari satu kilometer dari penghalang lava di utara Grindavík.

"Penilaian pertama para ilmuwan adalah bahwa awal letusan ini lebih dahsyat dibandingkan letusan sebelumnya," ungkap kantor tersebut dalam sebuah pernyataan.

Para pejabat memperingatkan bahwa polusi gas akan terlihat di tenggara wilayah tersebut dan pada Rabu malam, dapat menyebar ke timur hingga Selvogur dan Ölfus.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi di Islandia Mereda, Ini Tanggapan Warga

Pada hari Kamis, polusi gas diperkirakan akan terbawa ke timur laut dan dapat dirasakan di wilayah ibu kota Reykjavik.

Sementara letusan pada hari Rabu terjadi hampir tiga minggu setelah berakhirnya letusan sebelumnya yang dimulai pada 16 Maret 2024 di Hagafell dan Stora-Skogfell di semenanjung Reykjanes yang sama dan berlangsung selama delapan minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com