Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Pro-Palestina di Paris, 10.000 Orang Protes Serangan Israel ke Rafah

Kompas.com - 28/05/2024, 14:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Sekitar 10.000 orang berdemonstrasi di dekat Kedutaan Besar Israel di Paris, Perancis, Senin (27/5/2024). Mereka memprotes serangan mematikan Israel di Kota Rafah, selatan Jalur Gaza.

Para pedemo berkumpul beberapa ratus meter dari Kedubes Israel di pusat ibu kota Perancis. Mereka meneriakkan, "Kami semua anak-anak Gaza", "Bebaskan Gaza", dan slogan-slogan pro-Palestina lainnya.

Demonstrasi ini digelar sehari setelah Israel menyerang target-target Hamas di Rafah yang memicu kebakaran tenda pengungsi, menewaskan 45 orang menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Baca juga: Serangan Israel Bakar Hidup-hidup Pengungsi Rafah, Saksi Mata Gambarkan Kengerian

Israel pun menuai kecaman dunia atas serangan tersebut.

“Ini pembantaian yang keterlaluan,” kata Francois Rippe dari kelompok Asosiasi Solidaritas Perancis-Palestina yang mengorganisir unjuk rasa tersebut.

Menurut kepolisian Paris, demo ini diikuti sekitar 10.000 orang.

Baca juga:

“Mereka membakar kamp pengungsi, mereka membakar orang-orang, dan kita (Perancis) bahkan tidak memanggil Duta Besar Israel untuk meminta pertanggungjawaban. Itu tak bisa diterima,” tambah Rippe, dikutip dari kantor berita AFP.

Salah satu spanduk besar yang dibawa demonstran memperlihatkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan tulisan "mereka membunuh umat manusia".

Adapun Perancis dan AS telah mengecam serangan Israel ke Rafah.

Baca juga: Hubungan Israel-Mesir Memburuk Setelah Israel Duduki Perbatasan Rafah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com